Home Ekonomi

Pelni Dukung Program Vaksinasi Tahap Dua

12
Seluruh Crew Kapal penumpang PT.Pelni Km.Lambelu melaksanakan Vaksinasi Covid 19 diatas kapal saat Sandar di Pelabuhan Pantoloan. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebagai Perusahaan BUMN pelayanan publik dalam sektor transportasi laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Persero Cabang Palu ikut mendukung program vaksinasi covid 19 tahap kedua.

Pelaksanaan kegiatan dikhususkan terhadap seluruh Crew Kapal penumpang PT. Pelni Km. Lambelu diatas kapal saat bersandar di Pelabuhan Pantoloan tepatnya pada pukul 01.00 Wita, Minggu (21/3/2021) dini hari.

“Sebanyak 121 Orang Crew (Nakhoda dan ABK) Km Lambelu yang menerima suntikan pertama vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Pantoloan Palu pada saat kapal sandar,” ungkap Kepala Cabang PT PELNI (Persero) Cabang Palu/Donggala Dicky Dermawandi SE.

Dirinya menyampaikan hal ini merupakan wujud komitmen PT PELNI dalam upaya mendukung langkah pemberian vaksinasi yang terus digaungkan oleh Pemerintah kepada Masyarakat Indonesia

“Selain Crew kapal, kami mendata bahwa seluruh pegawai PELNI cabang Palu/Donggala juga telah melaksanakan vaksinasi covid 19,” terangnya.

Dicky Dermawandi menilai dengan telah dilakukannya penyuntikan vaksinasi Covid-19 kepada pegawai PELNI yang melaksanakan kegiatan Pelayanan Publik baik di Kapal maupun di Cabang, diharapkan dapat melindungi dan menambah kepercayaan diri pegawai PELNI untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pelanggan.

“Walaupun vaksinasi telah dilakukan, protokol kesehatan dan pelaksanaan 5M dalam kegiatan operasional dan pelayaran tetap kami laksanakan sehingga tetap memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pihak,” tambah Dicky.

Dalam masa kebiasaan baru transportasi laut, PT PELNI senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penumpang dan kru kapal. Dimana seluruh kapal PELNI juga rutin dilakukan penyemprotan disinfektan di setiap sudut kapal dan kantor PELNI.

“Mulai kapal hingga kantor, dan termasuk loket penjualan tiket steril dalam setiap pelayanan operasional kepada masyarakat. Kami juga masih menerapkan tingkat keterisian sebesar 50 persen dari kapasitas kapal, sehingga tetap terjaga physical distancing penumpang,” pungkas Dicky.

Sementara itu, Surahman SKM selaku Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palu menambahkan, bahwa kegiatan Vaksinasi Covid 19 secara massal memang harus didukung pelaksanaannya oleh semua pihak karena merupakan program kedaruratan pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat dari pandemi.

“Termasuk untuk pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 untuk Crew Km Lambelu pada hari ini oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Palu karena memang Pelni merupakan salah satu perusahaan BUMN yg melayani publik secara langsung,” ujar Surahman.

“Yang membedakan adalah tempat pelaksanaannya saja, karena kita melakukan kegiatan diatas kapal dan dikhususkan untuk Crew Km.Lambelu,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, hal ini bisa terlaksana karena tidak terlepas dari peran Kepala Cabang PT.Pelni (Persero) Palu/Donggala yang selama ini sangat luar biasa berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh instansi terkait.

“Makanya kami para pimpinan instansi tetap hadir walaupun giat hari ini dilaksanakan pada dini hari, kalau tidak hadir nanti kami dimarahin Kacab Pelni,” pungkas Surahman sambil tertawa dan melirik ke Para Pimpinan instansi terkait yang lain.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas