Home Politik

Muhammad J Wartabone Pantau Dampak Dana Otsus di Manokwari

23
Kunjungan kerja Muhammad J Wartabone selaku anggota DPD RI asal Sulawesi Tengah yang tergabung dalam Komite IV di Manokwari, yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota DPD RI yang tergabung dalam Komite IV melakukan kunjungan kerja ke Manokwari Provinsi Papua Barat, Sabtu 20 Maret 2021. Kunjungan kerja dari Komite IV DPD RI ini dimaksudkan dalam rangka Pengawasan atas Pelaksanaan UU APBN Tahun 2020 tentang pelaksanaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua tahun 2020 dan program tahun 2021.

“Hal itu dilaksanakan guna memperoleh informasi dan penjelasan secara langsung serta komprehensif mengenai tata kelola Dana Otsus sebagai bahan penyusunan pertimbangan DPD RI,” ungkap Muhammad J Wartabone Perwakilan Sulawesi Tengah.

Disamping itu, dalam kunjungan kerja tersebut yang perlu dilihat ialah mengenai penilaian atas dampak dari diberikannya dana Otsus kepada Provinsi Papua Barat yang harus dapat dilakukan dengan mengamati beberapa indikator.

“Terdiri dari pendidikan dan kesehatan yang menjadi tujuan utama Dana Otonomi Khusus. Selain itu, indikator kesejahteraan lain yang juga terkait dengan tujuan diberikannya Dana OtonomiKhusus,” ujar Buya sapaan akrab Muhammad J Wartabone.

Secara umum, kata dia, indikator pendidikan dan kesehatan seperti angka melek huruf, harapan lama sekolah, dan Angka Harapan Hidup (AHH). Begitupula dengan indikator kesejahteraan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), persentase penduduk miskin, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) hingga tingkat ketimpangan pendapatan.

“Ini menunjukkan adanya perbaikan dari tahun ke tahun. Dimana Otsus bagi papua yang kini sedang disiapkan pemerintah sebaiknya diarahkan untuk memperkuat pengawasan dan pembinaan pengelolaan dana Otsus untuk memastikan akuntabilitasnya,” katanya.

Sebab, anggaran untuk daerah khusus semestinya dikelola dan diawasi menggunakan cara yang khusus pula dengan desain pengawasan dananya.

Dalam pertemuan di Mansinam Beach Hotel itu diterima langsung oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani didampingi Pimpinan OPD, Asisten II, SAG Bid Ekbang, Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Bapenda, Kadis Koperasi, Kadis PTSP , Karo Otsus, serta Kepala Statistik Papua Barat.

Sementara itu, dalam paparannya Mohammad Lakotani selaku Wakil Gubernur Papua Barat juga membeberkan tentang potensi kekayaan laut di perairan Papua. Baik itu di wilayah utara, selatan dan barat Papua. Menurutnya, kekayaan alam lainnya yakni hutan Papua dinilai sungguh sangat luar biasa.

“Dimana dapta memberikan hidup kepada masyarakat dunia. Seluruh kekayaan kita ini semua masuk dalam UU Otsus Plus. Kita sudah atur itu. Jadi, saat ini kami sedang melakukan berbagai kegiatan penting. Papua lagi focus membangun dan kami mohon apapun itu agar jangan masukkan menjadi isu politik,” pintanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas