Home Palu

Untad Siap Bantu Pendidikan di Huntap Tondo

19
Prof Dr Ir Amar Ali Akbar, ST MT. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Amar ST MT, mengungkapkan pihaknya siap membantu Yayasan Buddha Tzu Chi dalam bidang pendidikan bagi siswa-siswi di lokasi Huntap Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

“Seperti yang kita ketahui, Universitas Tadulako punya jurusan PG-PAUD dan PGSD, Insyaallah kita siap membantu,” ungkap Prof Amar.

Kesiapan itu diungkapkannya ketika mendampingi Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP, saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Buddha Tzu Chi, untuk bekerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada msyarakat. Penandatanganan berlangsung di Ruang Kerja Rektor Untad Lantai I Rektorat Universitas Tadulako, Selasa, 16 Maret 2021.

Diketahui, pembangunan sekolah di lokasi Huntap Tondo masih sementara berlangsung yang dimulai sejak Juli 2020. Sekolah yang dibangun nantinya terdiri dari jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga pendidikan menengah.

Sekolah tersebut dibangun di atas lahan seluas 21 hektar, terdiri dari 60 ruangan, termasuk ruang kelas, lapangan olahraga, laboratorium, perpustakaan, dan kantor. Prof Amar juga mengungkapkan bahwa nantinya Untad akan berperan dalam proses pengelolaan dan pembinaan sekolah tersebut.

“Pihak Budha Tzu Chi menggandeng Untad, karena kebetulan tetangga terdekat dari lokasi sekolah tersebut. Harapannya nanti semua fasilitas ini akan diserahkan kepada Pemkot sebagai asset. Dengan begitu dalam hal pengelolaan nantinya akan dikolaborsaikan bersama. Nanti akan duduk bersama, antara dinas pendidikan kota, dan dari Untad mungkin diwakili oleh FKIP serta pihak Budha Tzu Chi,” ujar Prof Amar.

Terkait kurikulum Sekolah Budha Tzu Chi, Prof Amar mengatakan akan sama dengan sekolah tingkat kanak-kanaak dan sekolah dasar pada umumnya. Adapun yang menjadi pembeda yaitu terkait dengan penekanan terhadap character building yakni budii pekerti.

“Ciri khas Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi adalah penekanannya pada pendidikan budi pekerti selain memberikan pendidikan akademik,” ucapnya.

Mantan Dekan Fakultas Teknik Untad itu menambahkan nantinya akan dilakukan studi banding ke sekolah-sekolah Budha Tzu Chi lainnya di Indonesia. Tujuannya guna menyerap hal-hal untuk diterapkan di sekolah Budha Tzu Chi Huntap Tondo.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas