Home Sigi

Sigi Bangun Kebun Raya 52 Hektar

19
BATAS - Bupati Sigi memasang pilar batas lokasi Kebun Raya Sigi, di Desa Sidondo III, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis, 18 Maret 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)
  • Hanya Lahan Bersertifikat yang Dibayar

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Mohamad Irwan, bersama Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda) dan BPN Sulteng, melakukan pemasangan pilar batas lokasi Kebun Raya Sigi (KRS), di Desa Sidondo III, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis, 18 Maret 2021.

Mohamad Irwan mengatakan pemasangan pilar ini, merupakan bagian dari legitimasi, bahwa pemerintah daerah terus berupaya mempercepat proses pembangunan KRS.

“Nantinya KRS selain menjadi objek wisata, juga sebagai tempat konservasi dan penelitian, yang diharapkan akan membuka ruang-ruang ekonomi baru bagi masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, rencananya KRS ini akan dibangun di atas lahan masyarakat, dengan total luas sekira 52 hektar.

“Pembayaran atas lahan masyarakat yang digunakan, hanya dilakukan berdasarkan kepemilikan sertifikat. Oleh karena itu, diimbau kepada pemilik lahan yang belum memiliki sertifikat, untuk segera melakukan pengurusan. Diharap dalam tahun ini proses pembangunan KRS sudah bisa dimulai,” harapnya.

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan dan Umum, Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sigi, Febrianto menjelaskan, batas KRS bertujuan agar masyarakat yang memiliki lahan di tempat itu, dapat mengurus kelengkapan berkas kepemilikan lahannya, untuk diganti rugi, mengingat ganti rugi dapat dilakukan masyarakat pemilik lahan, asalkan dapat memperlihatkan sertifikat lahannya.

“Jika ada masyarakat yang mengklaim memiliki tanah di lokasi maka yang bersangkutan harus dapat memperlihatkan sertifikat lahannya. Masyarakat dari manapun akan dilayani, asalkan dapat memperlihatkan sertifikat lahannya,” jelasnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas