Home Ekonomi

Kalla Group Gelar Media Gathering di Kota Palu

15
MEDIA GATHERING - Sesi foto bersama direksi Kalla Grup dengan Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar, pada kegiatan media gathtering yang digelar di salah satu Cafe di Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk menjalin kerja sama dan silaturahmi yang baik, Kalla Grup menggelar acara Media Gathering dengan mengundang beberapa rekan media di salah satu café di Kota Palu, Sabtu (20/03/2021).

Kalla Group fokus mengembangkan lini usaha di sektor energi dan membuka diri untuk kerjasama dengan e-commerce untuk bisnis logistik, seiring potensi pertumbuhan bisnis yang cukup besar pada dua sektor tersebut.

Ekspansi sayap bisnis perusahaan keluarga milik Haji Kalla di sektor energi dilakukan di bawah Kalla Energy melalui beberapa anak perusahaan. Secara umum, konglomerasi Kalla Group bergerak pada sektor otomotif, transportasi, logistik, konstruksi, properti, manufaktur dan energi pada sejumlah daerah di Tanah Air, meski sebagian besar berbasis di Sulawesi.

Aswan Amiruddin selaku Marketing and Corporate Communication Division Head Kalla Group, mengatakan, perusahaan saat ini tengah fokus mengembangkan sektor energi khususnya green energy dengan total portofolio pembangkit listrik tenaga air (PLTA) mencapai 1.980 mega watt (MW).

 “Kami fokus menggarap green energy karena energi hijau ini ramah lingkungan, tidak merusak bumi, tidak menyebabkan polusi. Kalla Energy punya tiga konsensi PLTA kapasitas 600 MW. Sektor energi dan logistik akan menjadi fokus kami,” kata Aswan.

Pada kesempatan tersebut, Aswan,  menguraikan berdirinya Kalla Group yang dirintis Hadji Kalla dan Hadjah Athirah.  Kalla Group sendiri resmi berdiri pada tanggal 18 Oktober 1952. Seiring berjalannya waktu,  Kalla Group kini kian sukses mengepakkan sayap di berbagai bidang, seperti Automotive, Transport and Logistic, Development and Construction, Manufacture, hingga Energy.

Dikatakan Aswan, Kalla Group berkomitmen untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui beberapa sektor. Selain itu, Kalla Group juga senantiasa membantu program-program sosial masyarakat melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki Yayasan Kalla Group.

“Bantuan sosial juga telah disalurkan Yayasan Kalla Group di tahun 2018 lalu seperti suplai logistik dan komsumsi, bantuan alat sekolah, hingga kegiatan donor darah untuk korban gempa dan tsunami yang melanda beberapa lokasi di Sulawesi Tengah,” terangnya.

Kalla Group juga memiliki berbagai sektor usaha di wilayah Sulawesi Tengah. Diantaranya dealer resmi Kalla Toyota yang memiliki dua cabang yakni Cabang Martadinata dan Cabang Palu Djuanda.

Selain itu, Kalla Group juga mengembangkan usaha lebih luas untuk wilayah Sulawesi Tengah dengan hadirnya Kalla Toyota Poso, Kalla Toyota Luwuk Banggai, dan Poso Energy. Poso Energy merupakan perusahaan dibidang pengadaan listrik tenaga air.

Market kendaraan roda empat di Sulawesi Tengah mengalami peningkatan sebesar 16,96% di bulan Februari 2021. Hal ini sejalan dengan peningkatan penjualan Kalla Toyota yang juga naik sebesar 1,49% dibanding bulan sebelumnya.

“Kalla Toyota konsisten menguasai market share wilayah Sulawesi Tengah dengan capaian sebesar 34,57%. Penjualan unit terbanyak masih didominasi oleh Toyota Rush dan Toyota Calya,” katanya.

Media gathering Kalla Group yang baru peram kali digelar ini, selain dihadiri sejumlah media cetak, elektronik dan online, juga dihadiri Kepala OJK Sulawesi Tengah. Gamal Abdul Kahar. Kegiatan itu diisi dengan serangkaian kegiatan, diantaranya product knowledge and speech dari direksi Kalla Group, dan Test Ride Keeway. (*)

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas