Home Palu

Muhammad J Wartabone Biayai Dua Santri Ke Yaman

33
Anggota DPD/MPR RI asal Sulawesi Tengah, Muhammad J. Wartabone (kedua dari kiri) berfoto bersama dengan dua santri Pondok Pesantren Ribath Istiqlal berbasis kejuruan yang beruntung mendapatkan beasiswa ke Universitas Al-Ahgaff, Markaz Lughoh Arabiah dan Ribath Alawiyah- Hadramaut yang ada di Yaman. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota DPD/MPR RI asal Sulawesi Tengah, Muhammad J. Wartabone membiayai dua santri Pondok Pesantren Ribath Istiqlal berbasis kejuruan dengan memberikan beasiswa penuh ke Hadramaut, Negara Yaman.

Dua santri yang beruntung mendapatkan beasiswa ke Universitas Al-Ahgaff, Markaz Lughoh Arabiah dan Ribath Alawiyah- Hadramaut yang ada di Yaman itu ialah Moh Nizar Fudel Abdun asal Kulawi, Kabupaten Sigi dan Abdillah Alfian Samul asal Kabupaten Parigi Moutong.

“Dalam membangun nilai keislaman harus melalui tingkat pesantren. Keagamaan yang lebih baik harus diterapkan di Bumi Tadulako ini,” ucap Muhammad J. Wartabone usai pemberian beasiswa kepada dua santri yang beruntung tersebut, Kamis 18 Maret 2021.

Menurutnya, pemberian beasiswa ke negara Yaman itu merupakan langkah yang nyata dalam pengembangan santri. Beasiswa ini diharapkan agar mereka kelak setelah menyelesaikan studi ke depan nantinya bisa menjadi ustad, Kyai atau ulama.

“Mereka berdua nantinya akan mengikuti orientasi sebelum berangkat melanjutkan pendidikan di sana. Kemudian diwajibkan untuk mengabdi kepada masyarakat Sulawesi Tengah dengan mengajarkan ilmu yang telah diperoleh selama di Negeri Yaman,” ujar Buya sapaan akrab Muhammad J Wartabone.

“Saya berpesan sangat penting untuk meluruskan niat dalam menuntut ilmu. Jangan hanya mengikuti kemauan orang tua tetapi benar-benar dari hati dan melaksanakan perintah Allah SWT untuk mencari ilmu peninggalan Rasulullah SAW dan tidak sekedar mencari nama besar atau titel,” ujarnya menambahkan.

Buya juga mendoakan para santri yang akan belajar keluar negeri itu agar diberikan taufik dan hidayah oleh Allah SWT. Begitu pula kekuatan sehingga mampu menuntut ilmu sebaik-baiknya dan mendapat berkah pulang dengan selamat

“Kemudian selanjutnya mengamalkan ilmunya dan membangun daerah. Kedua Santri dinyatakan lulus seleksi kuliah berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan melalui website resmi kampus pada tanggal 27 Februari,” tururnya.

Sementara Abdillah Alfian Samul santri yang mendapatkan beasiswa tersebut mengatakan, ketertarikan untuk kuliah ke Yaman karena negara itu dikenal dengan tanah seribu wali. Sedangkan, Moh. Nizar Fudel Abdun menambahkan dirinya merasa sangat senang adanya bantuan beasiswa penuh yang diberikan oleh Buya kepadanya.

“Apalagi, banyak kisah yang menceritakan kemulian para wali yang selalu istiqomah dalam mengamalkan ilmunya,” ujar kedua santri tersebut.

Seperti diketahui profil Buya MJW sapaan akrab merupakan Mudir Pondok Pesantren Ribath Istiqlal berbasis kejuruan Sulawesi Tengah yang beralamatkan di Jalan Pue Lasadindi, Lompio Bukit Ajwa Center, Kecamatan Sigi Kota, Kabupaten Sigi.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas