Home Palu

Muhammad J. Wartabone: Empat Pilar Kebangsaan Perekat dan Pemersatu NKRI

15
Anggota MPR/DPD RI Dapil Sulawesi Tengah Dr. Muhammad J Wartabone,SH.,M.HI atau biasa disapa Buya saat memberikan buku terkait empat pilar kepada masyarakat. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota MPR/DPD RI Dapil Sulawesi Tengah Dr. Muhammad J Wartabone, SH.,M.HI menggelar sosialisasi empat Pilar Kebangsaan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.
Acara ini merupakan salah satu tugas MPR yang tertuang dalam keputusan MPR Nomor 1 Tahun 2019.

Pria yang akrab disapa Buya itu mengambil titik sosialisasi di kompleks pasar Masomba, Jalan Tanjung Manimbaya, Kamis, 18 Maret 2020, yang diikuti tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat umum.

Buya MJ. Wartabone menerangkan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

Disebutkan, saat ini sangat penting memasyarakatkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika. Dirinya juga menjelaskan bahwa Pancasila adalah dasar dan landasan sebuah ideologi bagi Bangsa Indonesia.

“Kita harus mengetahui sejarahnya, keberadaannya didalam kehidupan berbangsa, dan Nilai-nilai Pancasila harus dijunjung tinggi oleh segenap Bangsa,” jelas Wartabone.

Lebih lanjut Buya MJW sapaan akrabnya mengatakan, bahwa pancasila tercermin dalam Konstitusi negara yang tertuang dalam UUD 1945. Menurutnya, hal itu merupakan hukum dasar yang menjadi sumber dari seluruh peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Senator asal Sulteng ini juga mengingatkan kepada masyarakat agar jangan sampai mudah terprovokasi dengan hasutan dan isu-isu tertentu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Jangan sampai ibu dan bapak dihasut dengan isu maupun oknum, yang sengaja maupun tidak sengaja membuat kecemasan di masyarakat,” pintanya.

Lebih dari itu, Buya MJ. Wartabone juga menyampaikan terkait komitmen pemerintah dalam upaya pengembangan vaksin COVID-19 yang diharapkan bisa segera mengakhiri pandemi.

“Untuk itu, sebelum adanya vaksinasi, masyarakat diimbau tetap waspada dan saling menjaga satu sama lain, dan kita semua berharap memohon kepada Allah agar kita semua di pelihara serta dijaga oleh Allah dari segala mara bahaya,” ucapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas