Home Sulteng

Jasa Raharja Salurkan Santunan Rp3,9 M

6
Suryadi. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah, Suryadi SE, mengungkapkan pihaknya sudah menyalurkan dana santunan kecelakaan lalu lintas jalan sebesar Rp3,9 sampai periode 2021.

“Penyerahan santunan ini mengalami penurunan sebesar 30,60 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ungkap Suryadi, Kamis, 18 Maret 2021.

Penurunan ini menurutnya dipengaruhi oleh tingkat kecelakaan yang berkurang akibat pandemi Covid-19. Dalam masa pandemi, mobilitas atau aktivitas masyarakat disebut menjadi terbatas. Hal ini membawa dampak positif dengan penurunan angka kecelakaan lalu lintas jalan di daerah ini.

Namun untuk pelayanan Jasa Raharja, Suryadi memastikan tidak akan menurun sekalipun masih di tengah ancaman virus corona yang melanda dunia. Pelayanan dilaksanakan dengan mempedomani protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Meskipun di masa pandemi, Jasa Raharja tidak mengurangi tanggung jawabnya dalam menyerahkan santunan kepada yang berhak. Pelayanan terbaik, cepat, dan tepat selalu kami utamakan dalam memberikan perlindungan dasar bagi para korban. Hal ini dibuktikan hingga periode Februari tahun 2021, rata rata penyerahan santunan bagi korban meninggal dunia dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari 14 jam,” ujar Suryadi.

Dikatakan, saat ini PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah telah bekerjasama dengan 23 Rumah Sakit. Sehingga apabila ada korban kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan, petugas Jasa Raharja langsung menerbitkan surat jaminan biaya perawatan maksimal Rp20 juta.

Suryadi menjelaskan pada periode Februari 2021, kontribusi biaya yang dibayarkan secara overbooking (mekanisme penjaminan biaya perawatan rumah sakit) sebesar 94,33 persen. Artinya, sebagian besar jumlah korban yang dijamin Jasa Raharja tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar ke rumah sakit karena pihak RS yang langsung menagih biaya rawatan ke perusahaan BUMN itu.

Suryadi menambahkan dalam upaya meningkatkan pelayanan, Jasa Raharja juga melakukan penyerahan santunan dengan sistem cashless, di mana santunan langsung ditransfer ke rekening korban/ ahli waris korban. Jasa Raharja telah bekerja sama dengan bank pemerintah sehingga pembayaran bisa dilakukan pada hari Sabtu/ Minggu/ hari libur.

“Kami di Jasa Raharja terus mengevaluasi pelayanan secara periodic dan senantiasa beradaptasi dengan kondisi terkini, di mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini semua dituntut untuk mengedepankan teknologi digital, namun tanpa mengurangi unsur human touch dan kualitas pelayanan. Sehingga diharapkan hak dan kewajiban masyarakat terkait asuransi Jasa Raharja dapat terpenuhi,” pungkas Suryadi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas