Home Sigi

Sigi Bakal Wajibkan Analisis Dampak Lalu Lintas

10
BERI PENJELASAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi memberikan penjelasan terkait pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Analisis Dampak Lalu Lintas (ADLL) di Gedung DPRD Kabupaten Sigi, Senin, 15 Maret 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)
  • Pemkab Ajukan Ranperda ke DPRD

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi pada masa persidangan kedua tahun sidang 2020-2021, memberikan penjelasan terkait pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Analisis Dampak Lalu Lintas (ADLL) 

Hal itu disamapaikan Bupati Sigi diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesramas Setda Sigi, Andi Ilham dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Sigi, Senin, 15 Maret 2021.

Dijelaskan, Pemkab Sigi mengajukan satu buah raperda tentang analisis dampak lalu lintas, yang telah masuk dalam daftar program pembentukan peraturan daerah (Pomperda).

“Pengajuan raperda ini didasarkan pada kewenangan daerah, sebagaimana tertuang dalam lampiran UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menyebutkan, kewenangan daerah kabupaten dalam sub urusan lalu lintas dan angkutan jalan, salah satunya adalah persetujuan hasil analisis dampak lalu lintas untuk jalan kabupaten/kota, serta kewenangan pengaturan mengenai analisis dampak lalu lintas, juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pasal II menyebutkan, setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman dan infrastruktur yang akan akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan, wajib dilakukan analisis dampak lalu lintas.

Sementara itu, Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae, mengucapkan terima kasih kepada Asisten I Setdakab Sigi, yang telah menyampaikan penjelasan Bupati Sigi, atas Raperda Kabupaten Sigi tentang ADLL. Sebagai tahapan pembahasan selanjutnya, adalah pandangan umum fraksi-fraksi atas penjelasan Bupati Sigi, terhadap raperda Kabupaten Sigi tentang analisis dampak lalu lintas, sesuai jadwal akan dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Maret 2021.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas