Home Ekonomi

Bermula Hobi Bersepeda, Kini Berbisnis Sepeda dan Asesoris

20
Tahir Mahyuddin, selaku pengelola Toko Prima Sepeda yang beralamat di Jalan R.A Kartini, Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Laporan: Fikri Alihana

BISA dibilang hanya berawal dari sebuah hobi bersepeda yang hingga saat ini digandrungi banyak masyarakat, kini Tahir Mahyuddin atau biasa dipanggil Om Tama telah menjadi pebisnis dalam hal penjualan sepeda dan asesorisnya.

Usaha yang digeluti bersama Ansadewanta selaku Owner itu didirikan sejak Oktober 2020. Sedangkan, untuk pemberian nama toko Prima Sepeda sendiri diinisiasi oleh Saiful Anwar yang mempunyai tempat tersebut.

Terletak di kawasan perkantoran yang sangat strategis tepatnya di Jalan Kartini, Kota Palu. Toko Prima Sepeda menawarkan berbagai macam keperluan para pesepeda mulai dari helm, jersey, sampai dengan peralatan lainnya.

“Jadi kebetulan saya hobi dengan sepeda, berawal dari situ usaha ini dibangun. Apalagi kalau melihat sudah banyak bermunculan komunitas sepeda yang di Kota Palu,” tutur Tahir Mahyuddin kepada Metrosulawesi, Selasa (16/3/2021)

Dirinya mengungkapkan bahwa beberapa komunitas sepeda Kota Palu usai melakukan aktivitas olahraga, menjadikan tempatnya itu sebagai tongkrongan atau hanya sekadar beristirahat sejenak sembari bercengkrama diantara anggota.

“Usaha ini masih sangat baru di kalangan pesepeda. Untuk itu, strategi pasar terus kita kembangkan. Memang kondisi sekarang perekonomian sedang menurun akibat dampak pandemi covid,” ungkap Aco sapaan akrab Tahir Mahyuddin.

Disamping itu, selain menjual aneka asesoris, sperpart dan sepeda, toko Prima Sepeda juga melayani jasa servis. Sementara untuk masalah harga cukup relatif terjangkau dan ditambah lagi dengan bentuk pelayan terhadap custumer sangat baik.

“Kalau soal sepeda rata-rata orang sudah punya, kemudian tidak lumayan murah juga segi harga, tapi kebanyakan pembeli datang ke sini memilih asesoris dan sperpart untuk sekadar ganti sesuai keinginan mereka,” jelasnya.

Sebagai pegiat bisnis sepeda, ia mengatakan kondisi corona ada sisi keuntungan yang didapatkan karena WHO menyatakan bahwa olahraga yang paling baik di masa pandemi ialah bersepeda. Namun, lanjut dia, banyak juga dirugikan disebabkan perputaran ekonomi sebagian masyarakat kurang membaik. (**)

Ayo tulis komentar cerdas