Home Sulteng

Kepala Biro Tetap Eselon II

Asri. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tengah, Asri, menegaskan jabatan kepala biro di lingkup Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulteng tetap eselon IIB. Hal ini disampaikan menanggapi beredarnya informasi liar yang menyatakan kepala biro turun menjadi eselon IIIA.

“Tidak ada, tidak benar itu, kepala biro tetap eselon IIB,” tegas Asri, Senin, 15 Maret 2021.

Dia mengungkapkan saat ini memang benar ada perubahan nomenklatur di lingkup Setdaprov, namun hal tersebut tidak mengubah kedudukan eselonisasi para kepala biro. Perubahan nomenklatur dimaksud berdasarkan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Permendagri tersebut ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Kedudukan dan Susunan Organisasi Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Inspektorat Daerah.

Dengan diterapkanya amanat Permendagri yang ditindaklanjtui melalui Pergub maka nomenklatur dan struktur jabatan di lingkungan Setdaprov Sulteng berubah. Ada beberapa biro yang dihapuskan dan diganti serta digabungkan dengan organisasi lain.

Seperti, Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah yang dihapuskan dan diganti dengan biro baru yakni Pengadaan Barang dan Jasa. Biro baru ini juga mengakomodir fungsi Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

Kemudian Biro Humas dan Protokol Setdaprov juga berubah menjadi Biro Admistrasi Pimpinan. Sebagian tugas kehumasan yang selamat ini melekat dilimpahkan ke dinas terkait yakni Diskominfo.

Perubahan lain yakni Biro Perekonomian dan Pembangunan kini dipisah menjadi dua biro dengan nomenklatur Biro Perekonomian dan Biro Administrasi Pembangunan. Dua biro ini dibawah komando Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng, yang saat ini dijabat Bunga Elim Somba.

“Produk Pergub-nya dari biro organisasi, yang pasti tidak ada perubahan eselon kepala biro,” tandas Asri.

Diketahui, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola telah melantik dan mengukuhkan sejumlah pejabat, termasuk para pimpinan Setdaprov Sulteng di Palu, pada Rabu 10 Maret 2021. Pada kesempatan itu, Longki didampingi Wakil Gubernur Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas