Home Sigi

Embung Dua Desa Bermasalah, DPRD Sigi Bakal Panggil Distanhorbun

20
TINJAU - Komisi II DPRD Sigi tinjau lokasi di Dusun Bulupountu Jaya, Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Kota. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Komisi II DPRD Kabupaten Sigi bakal memanggil Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Sigi untuk dimintai keterangan melaui Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait embung di Dusun Bulupountu Jaya, Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Kota yang tidak difungsikan dan embung di Desa Kalukutinggu, Kecamatan Dolo Barat, yang pembangunannya pada 2018 tidak sesuai perencanaan.

“RDP dijadwalkan pekan depan itu terkait embung di Dusun Bulupountu Jaya, Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Kota dan embung di Desa Kalukutinggu, Kecamatan Dolo Barat,” kata Sekretaris Komisi II Dekab Sigi, Ikra belum lama ini.

Dijelaskannya, embung di Desa Kalukutinggu dapat difungsikan, namun pembangunannya tidak sesuai perencanaan. Sebab, embung tersebut hanya berupa galian tanah yang dilapisi dengan karet penahan air, hingga air yang masuk hanya sedikit. Apabila embung tersebut terisi penuh, pasti bocor.

“Jika tidak diantisipasi bisa membahayakan masyarakat, karena embung tersebut terbuat dari tanah bukan dari beton,” ujarnya.    

Kata dia, hal itu berdasarkan hasil peninjauan di lapangan bersama anggota DPRD Sigi lainnya, Moh Umar, Hj Sumarni, Ruslan, Abd Rifai Arif, Endang Herdianti dan H Darwis Saing, menyusul adanya laporan masyarakat.

“Untuk mengetahui kejelasannya kami dari Komisi II DPRD Sigi mencari bukti di lapangan, serta mencari data di pemerintah desa setempat, terkait sejauhmana yang terjadi di lapangan sehingga muncul permasalahan tersebut,” jelasnya.

Ditegaskan Ikra, RDP dengan Distanhorbun untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan dan secepatnya bersama Pemkab mencari solusinya, agar embung tersebut dapat difungsikan sesuai perencanaa awal dan keinginan masyarakat.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas