Home Palu

Seratus Guru di Palu Timur Mulai Divaksin

19
Hj. Irma Daiyah. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala UPTD Palu Timur, Hj. Irma Daiyah mengaku, terus memonitoring pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Talise, sebab ada sekitar 33 sekolah, baik SD maupun SMP di wilayah Palu Timur yang tenaga pendidiknya mengikuti vaksinasi di Puskesmas tersebut.

“Sesuai data yang didapatkan kemarin baru sekitar 60 orang guru telah siap mengikuti vaksinasi, dari total 243 lebih guru yang ada di Palu Timur. Namun data terbaru ada sekitar 100 guru sedang proses untuk divaksin, kami berharap semua guru sudah dapat divaksin, sehingga pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan,” kata Irma, di ruang kerjanya, Jumat, 12 Maret 2021.

Menurut Irma, proses pemberian vaksinasi di tahap awal ini hingga 19 Maret. Olehnya itu para guru diimbau segera melakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat, sebab pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan setiap hari.

“Selama ini belum ada laporan bahwa guru usai divaksin terkena gejala yang mengkhawatirkan, semuanya baik-baik saja, tidak ada yang kenapa-kenapa. Hanya saja para guru merasa ketakutan saja, padahal disuntik vaksin merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penularan dari Covid-19,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Irma, pihaknya selalu memberikan kepercayaan dan imbauan untuk tidak percaya dengan informasi hoax di media sosial.

“Sebab selama ini juga menurut tenaga medis, tidak ada gejala yang terjadi ketika usai disuntik vaksin,” ungkapnya.

Irma mengungkapkan, rasa khawatir dan ketakutan itu harus dilawan, sebab kondisi imun bisa saja menurun jika ada rasa kekhawatiran yang cukup mendalam.

“Tidak mungkin pemerintah membunuh masyarakatnya sendiri,” katanya.

Untuk itu Irma berharap semua guru baik ASN maupun honorer agar mau divaksin, sehingga pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan.

“Sebab kunci dibukanya sekolah itu vaksinasi. Jika semua sudah divaksin maka pemerintah akan menyiapkan kebijakan baru sehingga pembelajaran tatap muka dapat terlaksana kembali sesuai apa yang diharapkan selama ini,” ujarnya.

Informasi yang diketahuinya, bahwa PTM ini akan dilaksanakan pada awal April. Olehnya itu Disdikbud Palu sedang menyusun protap pendidikannya jika PTM bakal dimulai.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas