Home Palu

Buka UTBK-SBMPTN, Untad Siapkan 4.036 Kursi

24
BERI KETERANGAN - Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Lukman, didampingi Koordinator Pelaksana UTBK Untad, Yutdam Mudin (kanan), saat memberi keterangan kepada awak media di Gedung Rektorat Untad, Jumat, 12 Maret 2021. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka secara bersamaan mulai Senin, 15 Maret 2021. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan kesempatan bagi siswa lulusan 2019, 2020 dan 2021 melalui jalur SBMPTN. Pendaftar wajib memiliki akun LTMPT dan sudah melakukan simpan permanen.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Dr. Lukman M.Hum, didampingi Koordinator Pelaksana UTBK Untad 2021, Yutdam Mudin S.Si M.Si, mengatakan pendaftaran melalui laman LTPMT dibuka sampai 1 April 2021.

“Sebelum mendaftar UTBK, para pendaftar terlebih dahulu membuat akun di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pada 7 Februari hingga 12 Maret,” ucap Lukman kepada awak media di Gedung Rektorat Untad, Jumat, 12 Maret 2021.

Lukman mengingatkan untuk para pendaftar UTBK yang sebelumnya telah mendaftar SNMPTN, diimbau menunggu pengumuman hasil SNMPTN pada 22 Maret mendatang.

“Ini perlu kami ingatkan karena para peserta SNMPTN yang sudah dinyatakan lolos tidak dapat lagi mendaftar UTBK,” ujarnya.

Lanjut Lukman, proses tes UTBK sendiri akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 12-18 April, sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan pada 26 April – 2 Mei.

“Pelaksanaan UTBK akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, secara ketat,” jelas Lukman.

Pelaksanaan tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Pilihan ujian sendiri terdiri dari tes sains dan teknologi, sosial dan humaniora, serta campuran. Adapun pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan dijadwalkan pada 14 Juni mendatang.

Lukman mengimbau kepada peserta UTBK yang memilih perguruan tinggi di luar Sulteng, agar tetap memilih lokasi ujian di Untad, dengan pertimbangan protokol kesehatan. Untuk jalur SBMPTN, Untad telah menetapkan kuota sebanyak 4.036 orang atau 46 persen dari total kuota mahasiswa baru Untad tahun ini yakni 8.720 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas