Home Pendidikan

Pengawas SMA Susun Instrumen Evaluasi Sekolah

16
BUKA RAKOR - Kadis Dikbud Sulteng H Irwan Lahace menyampaikan sambutan dalam acara rakor penyusunan instrumen evaluasi satuan pendidikan SMA di Palu, Selasa malam (9/3). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Para pengawas Sekolah Menengah Atas (SMA) se Provinsi Sulteng kini tengah menyusun instrumen evaluasi satuan pendidikan SMA. Hal itu dilakukan dalam rakor penyusunan instrumen evaluasi pendidikan menengah atas bagi Pengawas yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, mulai 9 Maret 2021.

Kepala Dinas Dikbud Sulteng H Irwan Lahace mengatakan instrumen evaluasi sangat penting disiapkan oleh Pengawas Sekolah. Dengan instrumen evaluasi itu Pengawas dapat memetakan kompetensi sumber daya sekolah, sebagai salah satu dasar dalam melakukan pembinaan.

“Instrumen evaluasi satuan pendidikan SMA sangat penting karena merupakan alat untuk memotret ketercapaian pelaksanaan sekolah dan juga berfungsi sebagai alat pengukuran kinerja sekolah,” kata Irwan Lahace dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut. 

Irwan mengatakan jenis instrumen evaluasi yang digunakan pengawas saat ini masih variatif dan belum mengakomodir semua komponen yang seharusnya dievaluasi, terutama komponen kebijakan terbaru,” katanya.

“Karena itu pengawas sekolah sebagai pembina sekolah sangat penting memahami bagaimana menyusun instrumen evaluasi satuan pendidikan yang baik dan benar berdasarkan regulasi pengelolaan sekolah terbaru,” kata Irwan Lahace. 

Di bagian lain Irwan menyinggung tentang peniadaan ujian nasional, ujian kesetaraan, dan ujian sekolah di masa darurat Covid-19. Katanya, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No 1 Tahun 2021 menjelaskan ujian nasional dan ujian kesetaraan ditiadakan, namun ujian itu dilaksanakan oleh sekolah dalam bentuk penugasan, tes secara daring atau luring, portofolio, dan bentuk penilaian lainnya. 

“Ini berarti setiap satuan pendidikan harus mendesain sendiri setiap alat evaluasi selama masa pandemi, dengan harapan diperoleh hasil yang maksimal,” katanya.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas