Home Ekonomi

Harga Anjlok, Beras Parimo Bakal Dijual ke Bitung

16
WAWANCARA - Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai diwawancarai sejumlah wartawan di Parigi. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id –¬†Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai mengungkapkan, berencana memasarkan beras hasil produksi daerah Parimo ke Kota Bitung Sulawesi Utara.

“Hal itu kami lakukan untuk membantu petani di Parigi Moutong yang kesulitan menjual beras hasil panennya akibat anjloknya harga beras di Parimo,” tutur Badrun kepada sejumlah wartawan di Parigi, Rabu 10 Maret 2021.

Badrun mengatakan, upaya lainnya yang dilakukan oleh Pemda Parimo yakni menyiapkan dua gudang penampungan milik pelabuhan Parigi untuk menampung beras petani.

“Pemda Parimo juga terus berupaya agar para pedagang lokal dapat membeli yang kemudian menjual kembali beras petani di daerah Parimo ini,” ujar Badrun.

Badrun mengakui, bahwa Pemda Parimo saat ini belum dapat mengalokasikan anggaran untuk penjualan beras menggunakan tol laut.

“Sebab, hal tersebut perlu adanya kebijakan mengenai penentuannya,” kata Badrun.

Badrun menambahkan, bahwa tahun 2021 ini Pemda Parimo tengah mewacanakan pengusulan Perda Perusahaan Daerah (Perusda) disertai pernyataan modal yang bisa mengcover persoalan, di antaranya masalah beras.

“Karena dengan adanya Perusda dapat mengatasi semua masalah, saya sudah memikirkannya, hanya saja tinggal menunggu waktu,” tuturnya.

Wabup juga telah memerintahkan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menelusuri  penyebab anjloknya harga beras.

“Jika hal itu memang terjadi, maka yang harus kita lakukan adalah mencari solusinya, sehingga beras para petani bisa dipasarkan. Karena mengenai anjloknya harga beras ini, saya baru tahu. Untuk itu, saat ini saya sudah memerintahkan kepada OPD terkait untuk menelusuri terjadinya hal itu,” tutur Badrun.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas