Home Palu

Faridah Ajak Mahasiswa Tangkal Hoaks

18
Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)
  • Pemprov-Fatek Untad Seminar Kewirausahaan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, kembali menyerukan perang terhadap informasi hoaks. Kali ini, ia mengajak mahasiswa untuk bersama-sama pemerintah menangkal hoaks.

“Ayo tangkal hoaks dengan cara tidak menyebarkan berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya,” ajak Faridah dikegiatan seminar kewirausahaan di Palu, Selasa, 9 Maret 2021.

Seminar kewirausahaan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng, berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Tadulako.

Melalui kesempan ini, Faridah juga mengajak para mahasiwa dan civitas akademik Fatek Untad untuk berkolaborasi lebih luas dengan bekerjasama menyangkut pengembangan teknologi informasi pemerintahan dalam upaya mewujudkan good governance.

“Penting juga agar mahasiswa dapat termotivasi untuk menjadi wirausahawan milenial yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan tidak tergantung ke pemerintah untuk menjadi Aparatur Sipil Negara semata,” tandas Faridah.

Wakil Dekan Fatek Untad, Andi Arham Adam, menyambut baik pelaksanaan kewirausahaan yang diikuti 211 mahasiswa. Menurutnya, kegiatan tersbeut sangat positif terkait dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“MBKM merupakan kebijakan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” ucapnya.

Tujuan MKBM agar setiap mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif dengan memberikan hak untuk belajar tiga semester di luar program studi sehingga dapat meraih capaian pembelajaran secara optimal.

“Kegiatan wirausaha merupakan salah satu dari 8 kegiatan pembelajaran MBKM yang dapat dilakukan pada program studi atau luar program studi dan setara dengan 20 SKS/semester sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” jelas Andi Arham.

Seminar kewirausahaan diharapkan akan diikuti dengan kerjasama IBTI Maleo dan PT Akar Daya sebagai bentuk tindaklanjut memperkuat implementasi MBKM Fakultas Teknik Untad untuk kegiatan magang dan kewirausahaan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas