Home Hukum & Kriminal

Penipuan Bermodus Minta Bantuan Berhasil Diungkap

13
ILUSTRASI - Pelaku Kejahatan. (Foto: Dok. Djunaedi)
  • Alasan Pelaku, Uang yang Didapatkan Untuk Perjalanan Keliling Indonesia

Sigi, Metrosulawesi.id – Polres Sigi menangkap satu pelaku penipuan dengan menggunakan modus membuat surat permintaan bantuan berupa uang tunai dengan alasan pelaku sedang melakukan perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda.

Kapolres Sigi AKBP, Yoga Priyahutama mengatakan bahwa pelaku berinisial AS (61) tersebut telah melakukan aksinya dengan mendatangi beberapa kantor Pemerintah, TNI-Polri di sejumlah daerah, termasuk di Polres Sigi. AS yang mengaku memulai aksinya sejak 2015 itu, ketahuan melakukan penipuan saat menjalankan aksinya di Polres Sigi.

“Saya tanya sepeda yang digunakannya mengeliling Indonesa mana?, AS tidak bisa melihatkan, malah kabur,” kata Kapolres Sigi, saat konferensi pers di Mako Polres Sigi, Senin, 8 Maret 2021.

Kronologi penangkapan, pada 9 Februari 2021 tersangka AS mendatangani Polres Sigi dan mengajukan surat yang ditujukan kepada Kapolres Sigi perihal permintaan bantuan tersebut. Kapolres Sigi yang merasa curiga dengan gerak-gerik tersangka  kemudian meminta tersangka untuk memperlihatkan sepeda yang digunakan untuk keliling Indonesia sebagai mana pengakuan AS.

Kemudian, AS pamit kepada Kapolres dengan alasan akan mepersiapkan sepedanya yang diparkir di halaman Polres Sigi.

“AS tidak membawa sepeda tersebut kemudian melarikan diri dengan dibonceng sepeda motor ojek yang disewanya,” jelas Kapolres.

Kapolres Sigi kemudian memimpin langsung pengejaran terhadap tersangka dan berhasil dilakukan penangkapan di Desa Soulowe, Kecamatan Dolo. AKBP Yoga menghimbau kepada masyarakat terutama kepada Instansi Pemerintah untuk lebih waspada terhadap modus-modus penipuan.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas