Home Sulteng

328 Orang akan Isi Formasi CPNS Kemenag

15
Mohammad Djamil. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Prioritas Diterima Guru, Penyuluh dan Penghulu

Palu, Metrosulawesi.id – Usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenag Sulteng mengalami perubahan, awalnya 207 formasi yang diusulkan melalui aplikasi e-Formasi, namun setelah rapat bersama dengan Biro Kepegawaian pusat ternyata usulan itu bertambah 295 formasi, dengan jumlah yang akan diterima 328 CPNS.

Demikian dikatakan Kasubbag Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag Sulteng, Mohammad Djamil, di ruang kerjanya, Senin, 8 Maret 2021.

“Artinya dalam satu formasi akan diisi beberapa orang, menurut informasi dari pusat bahwa prioritas yang akan diterima itu dari Guru, Penghulu, dan Penyuluh ada sekitar 70 persen, selebihnya itu Arsiparis, Prakom, Pelaksana, serta formasi lainnya,” kata Djamil.

Kata Djamil, belum ada informasi kapan akan dibukanya rekrutmen CPNS Kemenag, pihaknya masih diminta untuk penginputan formasi yang prioritas tersebut.

“Jadi 70 persen guru, penghulu, dan penyuluh kita kasih diatas penginputan usulannya, kemarin itu dalam bentuk aplikasi e-Formasi, tetapi saat ini dalam bentuk Microsoft Excel, deadline pengusulan hingga 15 Maret 2021,” ungkapnya.

Rencananya kata Djamil, mungkin April akan dibuka pendaftaran untuk formasi prioritas itu, tetapi ini baru sebatas rencana, semoga tidak berubah lagi formasi yang diusulkan.

“Jumlah formasi ini belum final sebab kami baru mengusulkan, tentunya kami sangat berharap semuanya bisa diterima. Kalau pun jumlahnya meleset paling tidak hanya sedikit. Pengalaman kami sebelumnya misalnya yang diusulkan 324, paling diterima sekitar 150-an lebih,” ujarnya.

Sebab kata Djamil, Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Sulteng khususnya Guru dan KUA serta lainnya masih mengalami kekurangan. Olehnya itu diharapkan usulan Kemenag Sulteng dapat diterima oleh Kemenpan-RB.

“Untuk mekanisme penerimaan CPNS seperti tahun lalu, dengan mendaftar secara online, kemudian ada verifikasi berkas yang nanti akan diumumkan secara terbuka. Setelah itu nanti diberikan waktu beberapa hari untuk klarifikasi atau komplain, setelah itu final baru akan diumumkan siapa saja yang ikuti seleksi CAT,” katanya.

Djamil mengatakan, masyarakat dapat mengetahui informasi terkait penerimaan CPNS melalui website Kemenag Sulteng dan RI maupun media sosial, yang jelas pasti akan ada informasinya.

“Saya mengajak kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi atau bertarung di CPNS 2021 itu disilahkan, karena di tahun kemarin jumlah pendaftar 2.700 orang, semoga tahun ini jumlahnya lebih dari itu,” ungkapnya.

Menurut Djamil, dengan banyak pendaftar tentunya lebih bagus lagi, sebab kompetisi akan lebih dinamis, dan tentunya pasti akan menghasilkan yang terbaik.

“Untuk seleksi CAT kemungkinan akan kembali bekerjasama dengan UPT BKN Donggala di Palu, sebab hanya mereka yang memiliki fasilitas ujian tersebut,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas