Home Sigi

10 Desa Sasaran Program Sanitasi

14
Samuel Y Pongi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sebanyak 10 desa di Kabupaten Sigi menjadi sasaran pembangunan sarana prasarana sanitasi pedesaan padat karya.

Program tersebut bertujuan menyediakan sarana air limbah domestik pemukiman, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan desa tertinggal.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi saat pertemuan dengan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulteng di Kantor Bupati Sigi, Kamis, 4 Maret 2021.

Adapun 10 desa tersebut yakni Desa Mpanau di Kecamatan Sigi Biromaru; Desa Makmur dan Uenuni di Kecamatan Palolo; Desa Bangga, Balongga dan Desa Baluase di Kecamatan Dolo Selatan; Desa Bobo dan Desa Kaleke di Kecamatan Dolo Barat; Desa Lambara di Kecamatan Tanambulava dan Desa Pakuli di Kecamatan Gumbasa.

“Program ini termasuk kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal atau berpenghasilan rendah yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal yang ada di wilayah Sigi,” jelas Samuel.

Menurutnya, program itu sangat baik untuk masyarakat, karena menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan.

“Ini juga memberikan kesempatan kerja sementara bagi masyarakat, sehingga bisa memberikan tambahan pendapatan bagi mereka,” katanya.

Wabup mengucapkan terimakasih pada BPPW Sulteng yang telah menunjuk Kabupaten Sigi sebagai salah satu kabupaten untuk pelaksanaan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya tahun anggaran 2021.

“Di tengah keterbatasan anggaran pembangunan, dirinya berharap kiranya selain program ini, ada program-program lainnya yang bisa dikucurkan di Sigi,” harapnya.

Ia berpesan kiranya para kepala desa dapat bekerja semaksimal mungkin, agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas