Home Poso

Sekab Bantah Darmin Bawa Aset Rujab

31
Yan Guluda. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Mantan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu aata DAS panggilan akrab dari Bupati Poso periode 2015-2020 meninggalkan rumah jabatan (rujab). Belakangan terdengar kabar bahwa beberapa aset daerah raib seiring hengkangnya Darmin dari rumah jabatan.

Ditemui awak media diruang kerjanya Kamis 4 Maret 2021, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda SH,MH mengatakan, kalau seluruh aset daerah yang berada di rumah jabatan, itu adalah milik daerah.

“Adapun tersiar kabar mantan Bupati Poso Darmin Sigilipu saat keluar rujab, ikut juga keluar membawa  barang daerah, itu semua tidak benar dan sebuah fitnah, tim barang daerah atau asset bersama inspektorat telah memeriksa seluruh barang yang tercatat dalam buku asset, setelah diteliti seluluh barang atau asset lengkap tak kurang satu pun yang tidak ada, seluruhnya ada dan lengkap,” tegas Yan Edward Guluda.

Tim pemeriksa barang  kata Yan, masuk rumah jabatan sebelum berakhirnya masa tugas Darmin sebagsi bupati, saat itu seluruh asset atau barang daerah, apakah didapur, ruang tamu, ruang kamar bupati bahkan kamar tamu serta kamar ajudan dan sekpri, tidak luput dari pemeriksaan.

“Seluruh barang yang tercatat di buku asset dalam rujab, semuanya lengkap dan tidak kurang satu barang pun yang lenyap, sehingga kalau dikatakan ada barang atau asset daerah yang lenyap, hal tersebut tidaklah benar,” ujar Yan Edward Guluda.

Memang kata Yan, saat sebagai kepala daerah dan tinggal di rumah jabatan, Darmin ada juga membawa barang pribadi, mungkin itulah yang dilihat atau dianggap barang daerah sehingga saat keluar rumah jabatan, barang tersebut diambil oleh bersangkutan.

Lanjut dikatakan Sekdakab Poso, saat meninggalkan rumah jabatan, mantan Bupati Poso Darmin tidak mengambil barang prbadinya berupa AC di kamar ajudan, dan barang tersebut sudah diberikan ke daerah.

“Jadi soal kabar barang atau asset daerah ikut raib seiring keluarnya mantan bupati Darmin dari rumah jabatan adalah mengada-ada serta fitnah belaka,, seluruh asset atau barang daerah sepeninggal Darmin dari rujab, seluruh asset utuh sebagaimana tercatat dibuku asset bagian umum,” jelasnya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas