Ilustrasi pelaku tindak kejahatan yang berhasil diamankan pihak kepolisian (Foto: Dok. Djunaedi)
  • Hasil Penjualan Handphone Curian Digunakan Berfoya-foya

Palu, Metrosulawesi.id – Aksi kejahatan MF (20), residivis kasus pencurian handpone di bagasi motor yang sering beraksi di wilayah kota Palu, kini harus berakhir di balik terali besi. Itu setelah warga Jalan Hayam Wuruk kota Palu, tersebut berhasil diringkus Tim Buser Satreskrim Polres Palu, Kamism, 4 Maret 2021.

Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Sigit Suhartanto SIK, Saat di konfirmasi Wartawan Metrosulawesi, Jumat 5 Maret 2021 menjelaskan, pelaku MF(20), merupakan residivis kasus pencurian handphone yang sering melancarkan aksinya di wilayah kota Palu. Pelaku berhasil diamankan tim buser berdasarkan laporan laporan polisi nomor LP- B/28/I/2021/ Sulteng/Res-Palu/Sek-Palsel,Tanggal 23 Januari 2021.

“Pelaku MF tersebut, merupakan residivis dengan kasus yang sama, dan pelaku mengakui melakukan aksinya di 21 TKP yang berbeda di wilayah Kota Palu,” ungkapnya.

Sigit juga menjelaskan bahwa, pelaku melakukan aksinya dengan cara membobol bagasi sepeda motor korban. Sasarannya adalah korban yang lengah yang diketahuinya selalu menyimpan barang bawaan di dalam bagasi motor. Begitu para korban meninggalkan motornya, MF kemudian melancarkan aksinya.

“Pelaku termasuk spesialis pencurian barang bawaan yang di simpan di bawah jok sepeda motor. Saat penangkapan pelaku, tim buser mengamankan babuk dari pelaku berupa sejumlah Handphone dan satu unit sepeda Motor,” sebut Kasat Reskrim .

Saat berada di Polres Palu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku yang merupakan seorang residivis, sempat menuai pertanyaan wartawan. Dia (Pelaku, Red) mengakui sering melakukan kejahatan itu karena tidak memiliki pekerjaan tetap.  Hasil penjualan handphone curian diakuinya digunakan untuk kebutuhan makan hari-hari  serta untuk berfoya-foya.

“Untuk foya-foya dan makan, soalnya saya tidak mempunya kerja,” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, SIK, mengimbau kepada warga Kota Palu, untuk selalu waspada terhadap pelaku kejahatan, dan jangan menyipan barang berharga di dalam bagasi Motor, ataupun di dalam mobil.

“Parkirlah kendaraan di tempat parkir yang diperkirakan aman dan banyak orang. Kami juga mengimbau kepada warga yang merasa jadi Korban pencurian Handphone, agar segera melaporkan ke Pihak Kepolisian terdekat, atau ke Mapolres Palu, agar secepatnya dapat di tangani dan di ungkap pelaku pencurian itu,” imbaunya.

Reporter: Djunaedi, Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas