Home Ekonomi

Laznas BSI Luncurkan ATM Beras Pertama di Palu

Walikota Palu, Hadianto Rasyid didampingi Area Manager PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Palu, Muhammad Arif Gunawan saat meresmikan ATM Beras di Masjid Al Munawwarah Pertanian Jalan R.A Kartini Nomor 80 Palu, Jumat. (5/3/2021). (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Bank Syariah Indonesia dalam hal ini telah meluncurkan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) beras yang pertama hadir di Kota Palu.

Kegiatan serah terima tersebut dihadiri Walikota Palu, Hadianto Rasyid yang berlangsung tepatnya di Masjid Al Munawwarah Pertanian Jalan R.A Kartini Nomor 80 Palu, Jumat (5/3/2021).

Area Manager PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Palu, Muhammad Arif Gunawan menyampaikan hal ini sejalan dengan konsep dan implementasi tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kami melihat bahwa mesjid bukan hanya sebagai tempat kegiatan keagamaan bagi masyarakat, namun merupakan salah satu tempat untuk mendorong perekonomian melalui upaya yang bersifat sinergitas,” ucapnya.

Sehingga, lanjut dia, kinerja dari mesjid itu bisa berperan lebih multifungsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan, ia mengungkapkan penyediaan mesin ATM Beras ada di 35 wilayah di Indonesia.

“Kami merasa ini sangat luar biasa. Karena baru pertama dikembangkan untuk Kota Palu. Kemungkinan kita akan evaluasi efektif selama enam bulan ke depan agar nantinya bisa untuk penambahan di mesjid yang lain,” katanya.

Ia menyebutkan sebagai informasi pengadaan ATM Beras ini sifatnya membantu dan sudah terdaftar kurang lebih sekitar 100 orang penerima manfaat. Adapun mekanisme ialah melakukan verifikasi kepada pihak yang mengelola ATM tersebut.

“Para penerima manfaat akan difalitasi kartu ATM Beras yang terintegrasi dengan e-KTP data kependudukan masing-masing. Untuk pengambilan pastinya mereka diberikan kuota yang dalam sebulan itu 10 liter,” sebutnya. (fik)

Sementara itu Walikota Palu, Hadianto Rasyid menyambut baik dan sangat mengapresiasi adanya ATM Beras tersebut. Menurutnya, hal itu dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam memperoleh kebutuhan pokok khususnya beras.

“Kita terima kasih sekali untuk Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Palu dalam menyediakan ATM Beras di Kota Palu. Semoga pihak lain bisa mengikuti apa yang diberikan BSI bagi masyarakat,” ujar Hadianto Rasyid.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas