Home Sigi

KPK Minta Pemkab Sigi Optimalisasi MCP

23
KOORDINASI - Satgas Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK melakukan audiensi dan koordinasi terkait pelaksanaan program pemberantasan korupsi terintegrasi di aula Kantor Bupati Sigi, Selasa, 2 Maret 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi diminta optimalisasi Monitoring Control for Prevention (MCP).

“Diharapkan optimalisasi capaian MCP ini menjadi perhatian dan komitmen pemerintah daerah,” kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK, Niken Ariati didampingi dua anggota Satgas yaitu Basuki Haryono dan Muhammad Muslimin Ikbal.

Niken Ariati melakukan audiensi dan koordinasi terkait pelaksanaan program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah Sigi bersama Bupati Sigi, Moh Irwan, di aula Kantor Bupati Sigi, Selasa, 2 Maret 2021.

Niken menjelaskan, optimalisasi MCP mencakup delapan area, yaitu perencanaan dan penganggaran APBD; pengadaan barang dan jasa; pelayanan terpadu satu pintu; kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP); manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN); Dana Desa (DD); serta optimalisasi pendapatan daerah dan manajemen aset daerah.

“MCP merupakan alat ukur untuk melihat sejauhmana pemerintah daerah melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sigi mengucapkan terima kasih pada KPK yang telah memberikan dukungan melalui masukan untuk optimalisasi MCP di Sigi.

“Hal-hal yang disampaikan Satgas Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV KPK akan menjadi catatan penting bagi pemerintah daerah untuk meninindaklanjuti. MCP akan menjadi salah satu program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sigi,” ungkap bupati.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas