Home Banggai Laut

Balut Ekspor Perdana Gurita ke AS

17
SIAP EKSPOR - Sejumlah pekerja mengangkut sejumlah karung berisi Gurita untuk dimasukkan ke dalam kontainer pendingin. (Foto: Metrosulawesi/ Purnomo Lamala)

Balut, Metrosulawesi.id – Meski baru beberapa hari menjadi Bupati dan Wakil Bupati, namun kerja nyata sudah ditunjukkan, di bawah kepemimpinan Bupati Sofyan Kaepa dan Wakil Bupati Ablit H. Ilyas Pemda Banggai Laut mulai melakukan terobosan bidang perikanan. Kali pertama Pemda melakukan ekspor perdana hasil laut yakni gurita.

Wakil Bupati Ablit H. Ilyas menuturkan, saat ini pemerintah fokus pada pengembangan ekonomi masyarakat pada bidang perikanan. Hal ini, dibuktikan keseriusan pemda telah mulai melakukan ekspor gurita.

“Untuk saat ini baru sekitar 12 ton gurita yang akan dieskpor, ke Amerika via Makassar,” kata Ablit.

Meski baru perdana, menurut Ablit, ekspor ini akan membuat stabil harga hasil laut dengan daerah lain khususnya gurita.

“Untuk sementara ini gurita yang diekspor, namun pemerintah tetap akan berusaha bukan hanya gurita tapi semua hasil laut,” ungkap mantan Anggota DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan itu.

Terobosan di bidang perikanan mendapat apresiasi Wakil ketua II DPRD Moh. Tanjung Dg Pawara yang turut hadir menyaksikan packing gurita di pelabuhan kontainer. Ia mengatakan terobosan seperti ini yang harus diacungkan jempol, sebab selama ini hasil laut Banggai Laut hanya dimanfaatkan daerah lain.

“Hasil Laut kita ini sudah lama diekspor oleh daerah lain, bukan kita (Banggai Laut,red),” katanya.

Pengusaha perikanan mitra pemerintah Banggai Laut, Alaudin mengakui saat ini harga sewa kontainer pendingin masih terbilang mahal karena masih meminjam pihak PT PELNI.

“Harganya 450 ribu satu jam biaya sewa, kalau lama masuk kapal biaya sewa akan tambah mahal,” ungkapnya.

Reporter: Purnomo Lamala
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas