Home Nasional

Muhammad J Wartabone: Percepat Rekomendasi Pahlawan Nasional

14
Anggota DPD-MPR RI asal Sulteng, Dr. Muhammad J. Wartabone, S.H., M.Hi saat menjelaskan tentang percepatan rekomendasi pahlawan nasional kepada Komisi IV di gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota DPD-MPR RI asal Sulteng, Dr. Muhammad J. Wartabone, S.H., M.Hi meminta agar segera mempercepat rekomendasi terkait gelar pahlawan nasional untuk beberapa tokoh yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Saya bersama unsur akademisi beserta ahli waris, Dinas Sosial dan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) daerah ini konsisten memperjuangkan penetapan gelar Pahlawan Nasional kepada 17 tokoh di Sulteng,” ucapnya saat menggelar rapat bersama Komisi IV di gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa 2 Maret 2021.

Dirinya juga dengan tegas menyatakan untuk lebih dalam meneliti dan mengkaji data tentang gelar pahlawan nasional harus dibutuhkan pengusulan anggaran. Di mana harapan pembicaraan ini sesuai dengan APBD perubahan tahun 2021.

“Baru pertama kali dibicarakan secara terbuka dengan lembaga yang terhormat ini. Kami mendukung sepenuhnya penetapan gelar itu untuk pahlawan nasional di Sulteng,” Buya, sapaan akrab Muhammad J Wartabone

Mengenai anggaran untuk penelitian sejarah satu pahlawan kurang lebih Rp250 juta. Pasalnya, lanjut dia, di dalam syarat undang-undang ada yang namanya ketentuan umum dan khusus.

“Yang mana memang kita harus buktikan dengan catatan dokumen kolonial belanda. Tapi tetap diyakini bahwa kita harus terus bekerja memperjuangkan tokoh pahlawan nasional asal Sulteng,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan saat ini baru ada dua usulan pahlawan nasional dari Sulawesi Tengah, yakni H.S Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) dan Pue Lasadindi (Mangge Rante). Begitu besar peranan tokoh-tokoh tersebut, sudah selayaknya negara memberikan apresiasi dengan mengangkat menjadi Pahlawan Nasional.

“Walaupun pembahasannya banyak berkaitan dengan Guru Tua, tapi kita meminta dukungan juga untuk Pue Lasadindi. Bukan hanya mereka berdua, masih banyak tokoh-tokoh yang akan kita dorong menjadi pahlawan,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas