Home Pendidikan

Mekanisme US-UKK Diserahkan ke Sekolah

13
Susyana Musa, S.Sos, M.Si. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Kacabdis: Bisa Dilaksanakan Luring dan Daring

Palu, Metrosulawesi.id – Mekanisme pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di jenjang SMA dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK diserahkan ke sekolah masing-masing, baik itu secara dalam jaring (daring) atau secara luring  atau tatap muka.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah 1 Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Disdikbud Provinsi Sulteng, Susyana Musa, S.Sos, M.Si mengatakan, persoalan mekanisme US dan UKK telah dibahas dalam rapat bersama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK.

“Kalau di jenjang SMK UKKnya kemungkinan dilaksanakan secara luring, kecuali program keahlian tertentu bisa daring. Bagi SMK yang laksanakan UKK secara luring di sekolah ditekankan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Susyana, di ruang kerjanya, Selasa, 2 Maret 2021.

Susyana mengaku, pelaksanaan UKK di SMK akan dilaksanakan secara bertahap, tidak semua siswa akan dihadirkan ke sekolah sekaligus.

“Contohnya dalam sehari mungkin hanya tiga atau lima orang yang datang ke sekolah, artinya protokol kesehatan tetap diperketat sesuai aturan pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu kata Susyana, untuk di jenjang SMA ujian sekolah (US) tetap dilaksanakan dan mekanismennya bisa luring dan daring.

“Ujian Nasional (UN) telah ditiadakan pada semua satuan pendidikan, olehnya itu sekolah menyepakati ujian sekolah tetap dilaksanakan, namun terkait proses penilaiannya itu diserahkan ke masing-masing sekolah,” ujarnya.

Kata Susyana, US ini bukan sebagai penentuan kelulusan peserta didik, tetapi sebagai tambahan nilai siswa yang selama ini mengikuti pembelajaran secara daring dari rumah. Karena biasanya ada yang tidak sempat antar tugas atau ada kendala lainnya, untuk melengkapi nilainya maka US ini dilaksanakan.

“Rencananya US ini akan dilaksanakan pada awal April 2021, dan persiapan sekolah alhamdulillah sejauh ini sudah siap untuk menghadapi US,” katanya.

Susyana berharap walaupun dalam keadaan Covid-19 siswa harus tetap berprestasi.  Olehnya itu kepada para guru tetap semangat melaksanakan tugas agar peserta didik bisa terfasilitasi dan bisa ujian sekolah sehingga lulus dengan baik.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas