Home Palu

Husaema: Vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan Masih Menunggu Data

16
KOORDINASI - Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny Lamadjido saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Husaema dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi soal vaksin bagi tenaga pendidik atau Guru di Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Yusuf Bj)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan masih menunggu proses finalisasi data dari dua instansi terkait yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu serta Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Palu.

“Saat ini baru data dari Disdikbud Kota Palu yang masuk dengan kami, sementara data tenaga pendidik dari Madrasah dan Pesantren melalui Kankemenag Palu itu belum masuk,” ungkap Husaema, di Palu, Selasa, 2 Maret 2021.

Menurutnya, jika data tenaga pendidik dari kedua institusi itu masuk baru dapat dilakukan finalisasi untuk menyesuaikan jumlah vaksin yang ada. Jika jumlah vaksin kurang, Dinkes Palu akan meminta ke provinsi, mengingat vaksinasi dilakukan sebanyak dua kali untuk setiap orang. 

“Data yang masuk sudah 5.900 lebih, kami masih menunggu dari Madrasah dan Pesantren, semoga datanya segera dikirimkan, sehingga kami dapat menyesuaikan jumlah vaksin yang tersedia di Dinkes Palu,” ujarnya.  

Selain itu, Husaema menyarankan agar Disdikbud Kota Palu dapat melakukan pemetaan, sekolah mana yang terlebih dahulu digelar vaksinasi, karena tidak memungkinkan dilakukan vaksinasi dalam satu hari dengan jumlah ribuan orang.

“Mungkin nanti akan dilakukan vaksinasi salama empat atau lima hari, sesuai dengan jumlah tenaga guru yang divaksin,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengungkapkan, saat ini mereka sementara melakukan persiapan dan terus berkoordinasi secara intensif dengan Dinas Kesehatan, sebagai penyedia vaksin.

Olehnya itu kata Ansyar, bisa saja dalam bulan ini vaksinasi dilaksanakan sesuai protap Dinas Kesehatan Kota Palu.

“Untuk jumlah yang divaksin sebanyak 4.591 orang Guru se-Kota Palu, dan data ini kami sudah serahkan  ke Dinkes Palu, karena dari kesehatan yang siapkan vaksin dan proses pelaksanaannya, sebab ini tanggungjawab mereka,” ujarnya.

Ansyar berharap, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan bersiap-siap dan ikhlas mengikuti vaksinasi.

“Karena dengan adanya vaksinasi ini maka keinginan kita untuk membuka pembelajaran tatap muka segera bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas