Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng melaksanakan Bimbingan teknis (bimtek) penyusunan daftar informasi publik (DIP) pagi ini, Rabu, 3 Maret 2021.

“Bimtek dalam rangka pembinaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, Selasa, 2 Maret 2021.

Faridah menjelaskan bimtek akan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting yang akan dimulai pukul 09.00 WITA. Agenda bimtek penyusunan DIP dan jadwal pendampingan verifikasi daftar informasi publik.

Sebelumnya, Diskominfo Provinsi Sulteng telah melaksanakan rapat fasilitasi PPID (Pejabat Pengelola Informasi Daerah) lingkup Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Diskominfo Provinsi Sulteng, pada Kamis, 11 Februari 2021.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Sulteng, Hasim, menjelaskan rapat dilaksanakan guna mewujudkan kesamaan persepsi dalam pengelolaan PPID.

Menurutnya, banyak hal yang harus ditingkatkan dalam pengelolaan PPID di perangkat daerah, diantaranya perlu diseminasi informasi secara berkala melalui media website/media sosial resmi pemerintah. Hal ini juga ditegaskan untuk perangkat daerah dilingkup Setdaprov melalui PPID untuk mempublikasi informasi publik yang sifatnya terbuka.

“Saya perlu ingatkan semua badan publik itu wajib menyampaikan informasi yang diproduksi oleh badan publik tersebut,” ungkap Hasim, Minggu, 14 Februrai 2021.

Hasim mengungkapkan tahun ini Komisi Informasi bersama PPID Utama akan melakukan evaluasi terhadap PPID Pembantu lingkup OPD Provinsi Sulteng. PPID Utama disebut akan memberikan pendampingan berupa bimtek (bimbingan teknis).

“Kita berharap evaluasi yang akan dilakukan Komisi Informasi bersama PPID Utama berjalan lancar,” tandas Hasim.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas