Home Palu

Wali Kota, Kadis, dan Spanduk Aspirasi

20
SPANDUK ASPIRASI - Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan Wakil Wali Kota Palu, Dr. Reny Lamadjido saat membaca Spanduk Aspirasi usai Apel perdana di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin, 1 Maret 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Yusuf Bj)
  • Apel Perdana di Kepemimpinan Baru

WALI Kota Palu, Hadianto Rasyid memimpin langsung Apel perdananya di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin, 1 Maret 2021. Apel juga dihadiri Wakil Wali Kota Palu, Dr. Reny Lamadjido dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kota Palu.

Apel pagi pertama yang  dipimpin oleh Wali Kota Palu yang baru kali ini terbilang menarik. Pasalnya usai apel, Wali Kota Hadianto memanggil sejumlah Kepada Dinas untuk membaca Spanduk Aspirasi yang sebelumnya diserahkan oleh Sanggar Seni Bantaya. Spanduk Aspirasi berwarna putih itu berisi ragam  tulisan keinginan masyarakat terhadap pimpinan baru Kota Palu. Para kepala dinas ini seakan diminta untuk menyerap dan melaksanakan apa yang tertulis pada spanduk itu sesegera mungkin.

Liputan media ini di lapangan, Wali Kota Hadianto pertama memanggil Kepala Dinas Pendidikan, Ansyar Sutiadi,  dimana pada salah satu tulisan di spanduk aspirasi itu menuntut perbaikan pendidikan di Kota Palu.

“Minta tolong Pak Kadis apa yang menjadi keinginan masyarakat ini segera tindak lanjuti,” kata Hadianto sambil berjalan mengamati dan membaca tulisan pada spanduk itu.

Pada tulisan lainnya, masih masalah pendidikan, Hadianto langsung memberi tanggapan  soal permintaan  pulsa data gratis untuk pembelajaran daring.

“Kalau di Jakarta memang siswa butuh pulsa data gratis, tapi kalau disini kita butuh handphone. Tapi nanti kita lihat, seluruh tenaga pendidik maupun kependidikan harus bisa divaksin terlebih dahulu,agar pembelajaran tatap muka bisa segera terlaksana,” katanya.

Selanjutnya, giliran Kadis PU Kota Palu, Iskandar Arsyad diminta untuk segera menindaklanjuti rehabilitasi jalan pada salah satu wilayah di Kota Palu karena kerap terjadi banjir. “Baik Pak Wali Kota, saya akan segera tindaklanjut,” kata Iskandar.  

Sementara tulisan masyarakat soal percepatan pencairan dana stimulan, Hadianto langsung berkomunikasi dengan Kepala BPBD Kota Palu, Singgih Prasetyo.

“Tolong Pak Singgih dana stimulan ini segera dicairkan ke masyarakat yang berhak menerima. Jangan terlalu lama,” kata Hadianto.

Hal itu pun langsung disahuti Kaban Singgih.

“Insyaallah dalam waktu kurang lebih tiga minggu ke depan dana stimulan tahap dua lanjutan sudah cair. Dananya sudah ada,” ungkap Singgih.

Terakhir, Wali Kota Hadianto meminta Kepala BKD Palu, Muliati, dan Kepala Inspektorat Kota Palu, Didi Bakran untuk merespon sepenggal pernyataan keinginan masyarakat  terkait dinamika birokrasi di Pemerintah Kota Palu. Bunyi tulisan itu kurang lebih meminta Wali Kota Hadianto untuk tidak memilih kadis-kadis dan kabid-kabid yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat. Tulisan itu juga menyebutkan, bahwa banyak bawahan-bawahan yang tidak tahu diri,memperkaya dirinya, dan ironisnya  mereka  tidak tahu malu.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas