Home Ekonomi

Tiga Wilayah di Sulteng Diprediksi Tertinggi GKG

14
Kepala BPS Sulteng, Dumangar Hutauruk. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Tiga kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah diprediksikan tertinggi pada Januari hingga April 2021, dengan potensi produksi padi gabah kering giling (GKG).

“Wilayah itu antara lain ialah Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Banggai, dan Kabupaten Tolitoli,” ungkap Kepala BPS Sulteng Dumangar Hutauruk, Senin (1/3/2021).

Sementara itu, tiga kabupaten dan kota dengan potensi produksi padi terendah pada periode yang sama adalah Kabupaten Banggai Laut, Kota Palu, dan Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Potensi kenaikan produksi padi yang relatif besar pada subround Januari-April 2021 dibandingkan subround yang sama pada 2020 terjadi di Kabupaten Banggai, Kabupaten Parigi Moutong, dan Kabupaten Poso,” tuturnya.

Demikian pula dengan potensi penurunan produksi padi pada subround Januari-April 2021 yang relatif besar terjadi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Tolitoli, dan Kabupaten Sigi.

“Produksi padi diperoleh dari hasil perkalian antara luas panen (bersih) dengan produktivitas. Luas panen tanaman padi di lahan sawah harus dikoreksi dengan besaran konversi galengan,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas