Home Pendidikan

PKL SMK Belum Boleh Dilaksanakan

17
Irwan Lahace. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Praktik Kerja Lapangan (PKL) di jenjang SMK di masa pandemi Covid-19 masih belum boleh dilaksanakan. Menurut Kepala Disdikbud Provinsi Sulteng, Irwan Lahace, dalam edaran Mendikbud RI dan Gubernur sulteng sudah sangat jelas bahwa zona rawan Covid-19 tidak diizinkan melaksanakan PKL, kecuali zona hijau.

“Kita harus bersabar dan menunggu kebijakan selanjutnya. Memang PKL ini suatu kebutuhan untuk peserta didik SMK, namun di sisi lain kekhawatiran orang tua lebih tinggi lagi. Sebab dalam aturan ini yang diutamakan adalah keselamatan,” kata Irwan, melalui ponselnya, Senin, 1 Maret 2021.

Irwan mengaku akan melihat seperti apa progres Covid-19 ke depan. Jika memang trendnya sudah menurun pasti pemerintah dalam hal ini Gubenur Sulteng akan mengeluarkan kebijakan terbaru soal pendidikan.

Sementara itu, hal senada disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Sulteng,  Hatija Yahya. Kata dia, PKL di SMK belum bisa dilaksanakan.

“Tanpa peserta didik PKL mereka tetap lulus, karena ada portofolio-portofolio lain yang bisa dinilai selama siswa itu ikut belajar dua tahun terakhir. Jadi sekarang ini tidak ada kekhawatiran dilaksanakannya PKL atau tdak, jika dibilang lulusan SMK tidak berkompeten, sudah pasti, karena saat ini masih dalam masa pandemi, semuanya darurat,” imbuhnya.

Kata Hatija, kondisi darurat seperti saat ini tentunya pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara sempurna.

“Sekarang ini siswa SMK masih belajar dari rumah (BDR) secara daring. Dan hal ini tidak hanya terjadi di SMK, tetapi saya kira seluruh satuan pendidikan, baik SD, TK, SMP, SMA, SMK, dan SLB semua daring, sebab melihat kondisi pandemi saat ini,” jelasnya. 

Hatija berharap para siswa tetap menjaga semangat meskipun belajar dari rumah. Disdikbud akan terus memantau kondisi peserta didik.

“Kami berharap sebelum pelaksanaan asesmen dan akhir semester dua untuk kelas 12 bisa kita melakukan PKL minimal sebulan terakhir,” ungkapnya.

Menurut Hatija, terkait PKL di beberapa bulan ini masih bisa dilakukan, tetapi kebijakan itu masih akan diupayakan dengan mencari waktu yang tepat jika sudah kondusif. Meskipun waktu PKLnya tidak terlalu lama minimal siswa bisa merasakanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas