Home Ekonomi

Disperdagin Palu Awasi Ketat Produk Barang Beredar

16
Syamsul Saifudin. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Salah satu langkah untuk melindungi konsumen, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu mengawasi super terkait barang yang beredar di pasaran.

Demikian hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu, Syamsul Saifudin kepada sejumlah awak media, Sabtu (27/2/2021).

Dikatakan, saat ini yang perlu menjadi prioritas utama pemerintah Kota Palu ialah tentang masalah perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang diperjual belikan IKM lokal.

“Makanya, kami menganjurkan produk-produk IKM lebih syaratkan seperti itu. Karena posisi kita yang tentunya harus lindungi setiap konsumen sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ujarnya.

Dalam setahun, lanjut Syamsul, pihaknya melaksanakan pemeriksaan rutin di sejumlah pasar tradisional hingga sampai menyasar gerai dan toko ritel modern yang ada di Kota Palu.

“Semua barang dalam kemasan akan kita periksa. Kalau sudah memenuhi syarat itu kami cek kembali nantinya dengan mencocokkan barcode izin PIRT yang mereka punya,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, ada beberapa pelaku IKM yang sifatnya terkadang ingin gampang. Alhasil, pelaku industri dengan sangat mudahnya mencantumkan sendiri terkait dengan izin produk tersebut.

“Mau cara simpel, ya jadinya gunakan sembarang logo dan itu sering ditemukan. Kalau dilihat sebenarnya sangat berbahaya bagi IKM. Bahkan mereka akan berurusan masalah hukum,” ucapnya.

Pihaknya menekankan kepada pelaku industri rumahan (IKM) agar tetap mematuhi peraturan pemerintah yang telah berlaku. Dalam hal ini adalah mengurus perizinan atau PIRT.

“Termasuk juga logo halal harus tercantum di produknya. Anehnya, bahkan ada IKM kita di sini gunakan logo halal milik Negara Malaysia kan itu lucu. Hal seperti ini selalu kita ingatkan ke pelaku industri,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas