Home Palu

Dalam 100 Hari, Verna: Kami Akan Berlari Lebih Cepat

16
PEREMPUAN PERTAMA - dr Verna GM Inkiriwang dan wakilnya M Yasin Mangun saat dilantik oleh Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola sebagai bupati dan wakil bupati Poso di gedung JCC Palu, Jumat 26 Februari 2021. Verna merupakan perempuan pertama yang menjabat bupati di Sulteng. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Verna Ingkiriwang, Bupati Perempuan Pertama di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Kabupaten Poso kini memiliki pemimpin baru. Verna GM Inkiriwang dan M Yasin Mangun resmi dilantik sebagai Bupati Poso dan Wakil Bupati Poso, Jumat 26 Februari 2021. Verna bahkan merupakan bupati perempuan pertama di Sulteng.

Keduanya dilantik bersama dengan empat pasangan kepala daerah lainnya di Sulteng oleh Gubernur H Longki Djanggola atas nama Menteri Dalam Negeri, di Gedung Joyokodi Convention Center (JCC) Palu.

Ditemui Metrosulawesi usai pelantikan Verna Inkiriwang mengaku akan segera melakukan koordinasi jajaran Pemerintah Kabupaten Poso agar bisa bergerak cepat dalam 100 hari pemerintahan.

‘’Kemudian bagaimana bisa menjalankan visi misi dalam hal ini RPJMD, sehingga pemerintahan kami bukan cuma berjalan tetapi juga berlari lebih cepat,’’ kata Verna.

Verna mengakui adanya Pandemi Covid-19 menjadi tantangan pemerintahannya. Karena itu dalam situasi pandemi, pemerintah harus mengatur anggaran dengan baik, mengatur ekonomi dengan baik agar tetap stabil.

‘’Tetapi kesehatan serta keamanan masyarakat juga harus jadi prioritas,’’ katanya.

Dalam menjalankan pemerintahan dan mewujudkan visi-misi, Verna akan mengedepankan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah provinsi, serta pemerintah pusat.

‘’Dengan demikian kami membangun bukan cuma dengan kemampuan kami sendiri, tetapi ada dukungan dari pihak-pihak terkait. Sehingga pembangunan di Sulteng, khususnya Kabupaten Poso dapat lebih maju lagi,” kata Verna.

Menanggapi pesan Gubernur H Longki Djanggola agar bupati dan wakil bupati saling bekerja sama dan kompak, Verna dengan tegas mengatakan itu sesuatu yang pasti dilakukannya.

‘’Pasti bekerja sama, saling koordinasi, dan menghargai dengan wakil bupati. Apa yang menjadi pesan Gubernur akan kami pegang. Karena apa? Bagi saya secara pribadi, kalau kita pincang, tidak kompak di lapangan akan menjadi penghambat. Sehingga bagaimana menjaga kekompakan, saling menghargai seperti yang dikatakan gubernur. Ini akan menjadi kunci sukses,’’ ujarnya.

Menyinggung soal visi misinya, Verna mengatakan visi misi mereka selaras dengan visi misi gubernur Sulteng terpilih. Misalnya ada kesehatan gratis, pendidikan gratis, santunan duka, desa maju/sejahtera. Sehingga pembangunan akan banyak bertumpu ke desa.

‘’Kami akan optimalkan pembangunan desa. Kami membangun dari pinggiran, karena itu akan kami optimalkan dengan sebaik-baiknya. Karena Poso, masyarakatnya mayoritas petani sehingga sektor itu harus benar-benar kita genjot dan maksimalkan,’’ katanya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Poso, M Yasin Mangun mengatakan, agenda yang akan dilakukan tentunya mewujudkan visi misi Verna-Yasin. Dia mengatakan, dalam waktu dekat, dimana tanggal 1 Maret 2021 adalah HUT 126 Kabupaten Poso, maka pemerintah akan berbagi dengan masyarakat antara lain kaum dhuafa, anak panti asuhan baik Muslim, Kristen, dan Hindu.

‘’Selanjutnya kami akan fokus pada penyesuaian program yang sudah ditetapkan sebelumnya. Insya Allah beberapa program dapat kami sesuaikan dengan visi misi Verna-Yasin,’’ kata Yasin.

Untuk selanjutnya, visi-misi Verna-Yasin akan penuh dilaksanakan mulai perubahan 2021. Karena itu Yasin memiata dukungan masyarakat secara keseluruhan, utamanya doa-doa dan kerja sama untuk membangun bersama, sejahtera bersama.

Menurutnya, untuk membangun daerah selain dilakukan oleh pemerintah, juga harus melibatkan kalangan pengusaha, dan masyarakat. Dia berharap para pengusaha muda dapat lebih visioner, karena sesungguhnya Poso adalah daerah kaya, baik dari sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.

‘’Maka dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat utamanya pengusaha muda, saya yakin Poso akan cepat melakukan perbaikan ekonomi dan mencapai kesejahteraan,’’ kata Yasin.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas