Home Palu

Sisa 510 Mahasiswa Belum Bayar UKT

25
Munari. (Foto: Istimewa)
  • Kepala BAKP Untad Imbau Urus Cuti

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako, Munari, mengungkapkan sisa sekitar 510 orang mahasiswa Untad yang belum membayar uang kuliah tunggal atau UKT/SPP semester genap tahun akademik 2020/2021.

“Tapi kalau mau bayar masih bisa difasilitasi paling lambat sampai Jumat pekan ini,” ungkap Munari kepada Metrosulawesi, Selasa, 23 Februari 2021.

Dia membeberkan dari 43.404 mahasiswa aktif program sarjana dan pascasarjana Untad, yang telah membayar 39.308 orang sampai Senin, 22 Februari 2021. Sisanya dari 4.096 mahasiswa, yang belum membayar UKT tinggal 510 orang. Sebab 3.586 mahasiswa lainnya telah menyelesaikan masa studi dan sudah terdaftar peserta wisuda.

Sisa mahasiswa yang belum membayar UKT menurun drastis dari sebelumnya mencapai 7.000 lebih per 6 Februari 2021. Ini karena adanya kebijakan Rektor Untad, Prof Mahfudz, yang masih memfasilitasi pembayaran UKT setelah penutupan pada 5 Februari lalu. Tujuan kebijakan tersebut agar mahasiswa bisa melanjutkan kuliah.

Namun apabila sampai Jumat, 26 Februari 2021, masih ada mahasiswa yang belum membayar UKT, Munari mengimbau secepatnya harus mengurus cuti. Imbauan itu bertujuan agar mahasiswa tidak membayar UKT dan tak terhitung dalam masa studi.

“Yang tidak bayar UKT silakan cuti supaya tidak kena biaya dan tidak dihitung masa studi. Kalau tidak urus cuti tentu akan dihitung masa studi dan harus membayar UKT/SPP. Tapi kami harapkan kalau memang masih mau bayar segeralah sampai Jumat ini. Karena kalau sesudah itu, sudah lewat batas minimal persentase kehadiran perkuliahan,” tandas Munari.

Sebelumnya, Munari menjelaskan bahwa Rektor Untad memfasilitasi mahasiswa agar tetap bisa membayar UKT. Fasilitasi yang dimaksud dengan memberikan disposisi kepada mahasiswa untuk dibawa ke tim IT agar bisa melakukan pembayaran UKT di bank yang telah ditentukan. Sebab pasca penutupan masa pembayaran, sistem atau website pembayaran UKT Untad telah ditutup.

Mahasiswa menyampaikan permohonan ke BAKP Untad dengan menghadap langsung kepada Munari selaku kepala biro. Namun untuk mahasiswa yang memohon pemotongan atau pengurangan UKT, harus melalui Wakil Rektor Untad Bidang Umum dan Keuangan. Adapun masa pembayaran UKT Untad tahun akademik 2020/2021 telah berakhir pada 5 Februari 2021. Untad memberikan waktu pembayaran UKT cukup panjang mulai Desember 2020 sampai Januari dan perpanjangan hingga 5 Februari 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas