Home Palu

Program JMS Kembali Dibuka

21
Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Palu, Greafik. (Foto: Istimewa)
  • Kejari-Dikbud Palu Bangun Kerjasama

Palu, Metrosulawesi.id – Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang digagas Kejaksaan Agung dibuka kembali oleh Kejaksaan Negeri Palu. Meski di tengah pendemi, pelaksanaan JMS tetap mematuhi rambu-rambu Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Palu, Greafik yang ditemui Metrosulawesi di Kantor Kejari, Selasa, 23 Februari 2021 mengatakan, sebelum dibukanya kembali JMS di tengah masa pandemi saat ini, pihaknya Kejari telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu terkait tata cara pelaksanaannya.

“Untuk pelaksanaan JMS, kita sudah berkoordinasi dengan Disdikbud Kota Palu,  bahkan kita sudah lakukan kerjasama. Insyaallah di Maret kita jalan lagi, karena ada beberapa hal yang harus kita sikapi apakah metodenya masih menggunakan metode ketemuan langsung ataukah menggunakan virtual (online) karena berakibat dengan penyerapan anggaran,” ujarnya.

Kata dia, dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan prokes kesehatan para peserta didik.

“Mengingat JMS dilaksanakan masih di tengah pandemi Covi-19, tinggal dari pihak Disdikbud Palu maupun Kejari yang mengatur tentang cara pelaksanaannya. Kita tidak mau membahayakan kesehatan siswa,” jelasnya.

Kata dia, materi JMS 2021 lebih menitikberatkan pada penerapan prokes dan edukasi pencegahan terhadap bahaya narkotika.

Dimana tambah dia, pihak Kejari Palu memiliki data bahwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu kebanyakan pelakunya masih di bawah umur. Sehingga dengan JMS tersebut, dapat mencegah lebih banyak lagi pengguna narkotika khususnya pelaku di bawah umur.

“Jadi selain Prokes, kita juga lebih menitik beratkan pada edukasi pencegahan narkotika. Karena kita punya data bahwa teman-teman yang menangani perkara narkotika lebih banyak pelakunya itu masih di bawah umur. Jadi itu yang akan kita sasar di JMS ini,” jelasnya.

Reporter: Salam Laabu
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas