Home Palu

Integrasi Wujudkan Optimalisasi JDIH

8
BERBINCANG - Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulteng, Yopie (kanan), saat menerima kunjungan Kapus DJHIN BPHN Kemenkumham RI, Yasmon, didampingi jajaran di Palu, Senin, 22 Februari 2021. (Foto: Istimewa)
  • Kapus DJHIN Bertandang ke Biro Hukum Setdaprov

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Pusat (Kapus) Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional (DJHIN BPHN) Kemenkumham RI, Yasmon, bertandang ke Biro Hukum Setdaprov Sulteng di Palu pada Senin, 22 Februari 2021.

Dalam kunjungan ini, Kapus DJHIN BPHN didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, Max Wambrauw, beserta jajaran. Yasmon dan Max diterima oleh Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulteng, Yopie.

Yasmon menjelaskan kunjungan yang tersebut merupakan koordinasi Dalam rangka penguatan pengintegrasian Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Tujuannya guna mendorong anggota JDIH khususnya di wilayah Sulteng agar terintegrasi.

“Anggota jaringan dokumentasi dan informasi hukum harus terintegrasi demi mewujudkan optimalisasi fungsi JDIH secara Nasional,” ujar Yasmon.

Dia menyebut tujuan lain koordinasi karena Biro Hukum Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah merupakan pusat jaringan di daerah sekaligus salah satu bentuk pembinaan yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.

Sebelumnya, koordinasi juga dilakukan Kepala Bidang Hukum Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah dengan Universitas Tadulako (Untad) pada Juni 2020. Koordinasi membahas pengintegrasian perpustakaan hukum Untad sebagai bagian dari anggota JDIH di Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini diharap akan menjadikan Untad sebagai universitas pertama yang menjadi bagian anggota jaringan yang terintegrasi di Provinsi Sulawesi Tengah. Pada bulan yang sama, kunjungan koordinasi oleh Plh Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH Kanwil Kemenkumham Sulteng beserta tim dilakukan ke Tim IT DPRD Provinsi Sulawesi Tengah. Koordinasi terkait tidak lanjut pengintegrasian anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Sulawesi Tengah. Kegiatan membicarakan hal teknis terkait tata cara pengintegrasian JDIH, berlangsung di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah pada 17 Juni 2020.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas