Home Ekonomi

Daihatsu MRM Palu Responsif Tangani Komplain Pelanggan

Ardin Akbar (kedua dari kanan) berfoto dengan para tim MRM Cabang Palu dalam penyerahan unit Daihatsu Xenia di kantor MRM Cabang Palu Jalan Juanda, Kota Palu belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Distributor resmi kendaraan Daihatsu di Sulteng, Makassar Raya Motor (MRM) Cabang Palu berkomitmen penuh melakukan pelayanan lintas sektor yang salah satunya dengan merespon dan menangani secara cepat komplain para pelanggannya.

Seperti yang dilakukan pada pekan lalu, pihak MRM Palu secara resmi menerima compalin seorang pelanggan prioritas atas nama Ardin Akbar (35) di Kota Palu dengan masalah keterlambatan unit pesanan.

Customer Relation Office (CRO) MRM Palu, Andi Indah Lestari mengatakan bahwa permasalahan tersebut tentunya langsung sigap dan responsif dalam penanganan. Hal itu bertujuan, pelanggan menerima perasaan ‘diprioritaskan’ atas problem yang ia temukan untuk memiliki unit Daihatsu.

“Yang kita lakukan terlebih dahulu cepat di respon, nah ketika sudah direspon, pelanggan akan merasakan diprioritaskan oleh kami. Seteleh kita terima komplain, kita akan telusuri dari SPV sampai pada salesnya. Kalau dari after sales, kita telusuri dari SA sampai pada kepala bengkel, ketika sudah diketahui apa pokok permasalahannya, akan sama-sama kita cari solusinya seperti apa. Karena biar bagaimanapun solusi yang ditemukan itu adalah untuk yang terbaik bagi pelanggan dan MRM sendiri, agar kesannya kami berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata Indah usai ditemui di kantornya Jalan Juanda.

Dijelaskan, komplain yang dilayangkan oleh pelanggannya itu merupakan keterlambatan unit. Terlepas diluar kendalinya kantor operasional dalam pengadaan karena sepenuhnya adalah kendali pusat. Namun, lanjut dia, pihaknya dalam hal ini terus memberikan upaya pelayanan. Seperti, dapat dihubungi setiap saat, hingga pelayanan diskusi yang bersahabat untuk membuat pelanggan merasa terlayani.

“Kita bergegas untuk pengadaan, sampai pada titik ini, pelanggan kami mendapatkan apa yang ia inginkan. Soal pelayanan memang kompleks, makanya dibutuhkan kerja sama semua elemen, mulai dari departemen pemasaran, departemen pelayanan customer, kepala cabang bahkan sampai pada manager. Karena kalau mau selesai dan tertangani dengan baik harus terlibat secara komperhensif,” ujarnya menambahkan.

Sementera itu, Ardin Akbar selaku customer yang melakukan complain, bercerita tentang masalah yang sempat ia dapatkan soal ketersediaan unit pesananan yakni Daihatsu Xenia.

Pada awalnya, dirinya melakukan transaksi dengan pihak marketing MRM Palu dan menanyakan ketersediaan unit yang dipesan. Pihak marketing, kata dia, memberikan pernyataan bahwa unit yang dipesan (Daihatsu Xenia) tersedia. Dari situ, ia melakuan cek ricek soal ketersediaan di kota-kota lain dan informasi yang ia dapatkan ternyata tidak tersedia.

Namun, dalam transaksinya ia tetap menyelesaikan langsung transaksi DP yang diminta oleh pihak marketing dengan harapan agar menjadi pelanggan prioritas ketika unit tersedia. Sampai beberapa waktu ternyata unit tak kunjung tersedia. Ia kemudian langsung mengajukan komplain kepada Astra langsung melalui email yang diakomodasi langsung ke kantor cabang palu.

“Saya memaklumi karena dengan tuntutan target, ya jelas mereka akan mengatakan ada. Saya juga lakukan cek di kota-kota lain ternyata tidak ada. Jadi, Saya hubungi Astra langsung untuk melayangkan komplain dan direspon cukup baik, itu saya apresiasi dimana email kami selalu dibalas, apa yang kami butuhkan soal informasi dilayani,” tuturnya.

“Termasuk di kantor cabang palu. Awalnya saya tidak bilang-bilang ke dealer layangkan komplain langsung, tapi tiba-tiba ditelepon dari kantor cabang.Wah ternyata sampai, sangat terintegrasi,” ujarnya menambahkan.

Ardin Akbar memberikan apresiasi atas respon penanganan komplain yang dilakukan pihak MRM Cabang Palu. Menurutnya, respon yang dilakukan membuat dirinya begitu terbantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ia dapatkan untuk pemesanan unit.

“Bagus ya, pelayanannya. Setiap saya japri, telepon, itu mereka respon. Bahkan ibu Indah (CRO), pak Tora (marketing), dan pak Razak (SPV) sering kami telepon diluar jam kerja, itu tetap mereka angkat. Jadi itu sangat saya apresiasi, itu luar biasa, saya sangat respect,” tutupnya.

Unit Daihatsu Xenia yang dipesan oleh Ardin Akbar telah ia miliki, penyerahan dilaksanakan pada Jumat (19/2/2021) sore serta diberikan bingkisan menarik sebagai ungkapan terima kasih MRM Cabang Palu karena telah mempercayakan kebutuhan kendaraan kepada Daihatsu.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas