Home Ekonomi

Bulog: Sektor Komersil Tetap Berorientasi Stabilisasi

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Ridwan Mumu saat menyerahkan secara simbolis beras bantuan kepada Kanwil Bulog Sulteng, Basirun selaku pendistribusi program KPM PKH. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Perusahaan Umum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tengah menyatakan bidang niaga atau komersilnya saat ini tetap mengedepankan strategi bisnis berorientasi pada gerakan stabilisasi pangan daerah.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kabid Komersial Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Tengah usai dihubungi Metrosulawesi melalui sambungan telepon melalui sambungan telepon, Selasa (23/2/2021).

Ia menyebutkan dari keseluruhan produk berkualitas yang dijajakan seperti daging beku, minyak goreng, beras premium, tepung, hingga gula keseluruhannya dijual dengan harga terjangkau.

“Kita mengambil contoh gula yang di jajakan dengan plastik biasa itu, biasanya lebih mahal dibanding yang dikemas. Nah ini kemudian menjadi salah satu alasan kenapa produk yang dikemas itu harus menjadi pilihan karena harganya tidak akan berubah sesuai dengan harga jual pada awalnya,” katanya.

Menurutnya, prinsip ini yang kemudian digunakan oleh sektor komersial agar tetap memberikan produk berkualitas dan lebih terjangkau. Bahkan barang komersial, kata dia, sering dipercaya untuk menjadi item-item dalam paket bantuan sosial.

“Yang termasuk bantuan kepada rakyat kurang mampun dan masih banyak lagi dari organisasi-organisasi yang menggalang misi kemanusiaan seperti pada kejadian bencana,” ujarnya.

Ia juga melihat fenomena yang terjadi saat ini soal pilihan masyarakat terhadap apa yang mereka konsumsi. Menurutnya, masyarakat sudah sangat selektif terhadap pangan dimana kualitas dan brand menjadi pilihan.

“Semua kalangan ekonomi ya, mereka sudah pilih-pilih, mana yang sudah teruji, itu yang mereka percaya untuk memenuhi gizi mereka. Hal ini sejalan dengan misi Bulog yang terintegrasi di seluruh Indonesia untuk menawarkan produk yang branded dengan mutu yang terbaik,” tuturnya.

Soal penyebaran produk, Bulog saat ini telah banyak tersebar luas di Kota Palu hingga Sulteng seperti di pasar-pasar karena banyak bermitra dengan pedagang, platform jual beli ternama yang wara-wiri di pasar daring, dan Rumah Pangan Kita (RPK) yang memberdayakan UMKM untuk menjajakan produk Bulog.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas