Home Sulteng

Tiga Hari, Covid di Sulteng Menurun

7
Farida Lamarauna. (Foto: Dok DKIPS)
  • Sebaliknya, Pasien Yang Sembuh Bertambah

Palu, Metrosulawesi.id – Kabar baik perkembangan kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dalam tiga hari terakhir ini, jumlah kasus Covid mengalami penurunan. Sebaliknya, pasien Covid yang sembuh meningkat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, membeberkan jumlah pasien Covid-19 di daerahnya terus menurun.

“Dalam tiga hari terakhir mengalami penurunan signifikan rata-rata sebesar 79,56%,” ungkap Faridah didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Sulteng, Hasim, Senin, 22 Februari 2021.

Faridah mengatakan saat bersamaan angka pasien sembuh dari covid-19 dalam sepekan terakhir pengalami kenaikan rata-rata sebesar 89,12%. Sementara untuk tren penurunan jumlah pasien covid-19 yang sedang menjalani perawatan secara konsisten terjadi dalam dua pekan terakhir dengan rata-rata 15,23%.

“Kondisi tren penurunan tersebut tentunya tetap harus diwaspadai karena masih terdapat sekitar 1.764 pasien (18,38%) yang saat ini masih menjalani perawatan covid-19 di rumah sakit rujukan dan isolasi mandiri,” ucap Faridah.
Dia menuturkan tingginya pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri sekitar 52,67%, juga harus diwaspadai karena penerapan protokol kesehatan yang ketat tidak hanya terhadap pasien, tetapi juga terhadap keluarga pasien dan lingkungan sekitar.

“Tetap jaga protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Ayo dukung program vaksinasi covid-19 ,yaku masiap ra vaksin’,” tuturnya.

Disebutkan, untuk puncak pandemi covid-19 pertama terjadi pada minggu ketiga Mei 2020 dan yang kedua terjadi pada minggu pertama Februari 202. Adapun berdasarkan data Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng per 21 Februari 2021, total pasien Covid-19 di Sulawesi Tengah yang telah sembuh dari virus Corona mencapai 7.588 orang.

Untuk total keseluruhan warga Sulteng yang terpapar virus Corona berjumlah 9.597 orang. Sedangkan kasus pasien Covid-19 meninggal dunia hinga saat ini berjumlah 245, setelah ada ketambahan 3 pasien meninggal.

Saat ini, Diskominfo Provinsi Sulteng turut berperan menyosialisasikan vaksin Covid-19. Diskominfo melakukan sosialisasi melalui media sosial dengan menggunakan bahasa lokal kaili.

“Diskominfo provinsi sedang menyosialisasikan vaksin pencegahan Covid-19 melalui media sosial dengan pesan ‘Saya Siap Divaksin’ yang dalam bahasa kaili ‘Yaku Masiap Ra Vaksin’,” ungkap Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, Selasa, 16 Februari 2021.

Bahasa lokal digunakan agar semakin memasyarakatkan vaksinasi, khususnya kalangan masyarakat tradisional. Ajakan juga disampaikan dengan narasi ayo, masyarakat harus siap untuk divaksin jika vaksin siap untuk terhindar dari bahaya Covid-19 baik diri sendiri, keluarga, dan masyarakat secara umum.

Data yang diperoleh Metrosulawesi dari Pusdatina Covid-19 Sulteng hingga Senin 22 Februari 2021, jumlah kumulatif kasus Covid di Sulteng mencapai 9.660 kasus. Sementara total yang sembuh mencapai 7.734 orang, yang meninggal sebanyak 246. Hingga saat ini pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 1.680 orang.

Berikut ini penambahan kasus Covid selama tiga hari terakhir di Sulteng. Pada Senin 22 Februari sebanyak 63 orang, yang tembuh sebanyak 146 orang. Sementara pada Ahad 21 Februari, penambahan kasus sebanyak 19, yang sembuh sebanyak 71. Pada Sabtu 20 Februari kasus Covid bertambah 49, pasien sembuh sebanyak 432 orang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas