Home Parigi Moutong

DPRD Parimo Bentuk Pansus Usut PETI

15
Sayutin Budianto. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parigi Moutong Sayutin Budianto menerangkan, pihaknya akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengusut Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di Parigi Moutong.

“Sebelum membentuk Pansus, kami berkordinasi dulu dengan DPRD Provinsi Sulteng mengenai Pertambangan Tanpa Izin tersebut di Parigi Moutong,” kata Sayutin Budianto dihubungi Minggu 21 Februari 2021.

Menurutnya, dengan banyaknya pertambangan yang bermunculan di wilayah Parigi Moutong, perlu adanya sikap tegas yang dilakukan oleh eksekutif dan legislatif dalam hal ini DPRD kabupaten.

“Mengenai PETI ini kami DPRD Parimo tidak akan tinggal diam, walaupun kewenangan pertambangan itu berada di provinsi,” tegas Sayutin.

Sayutin mengatakan, mengenai adanya laporan warga terhadap pembukaan lahan pertambangan di wilayah kecamatan Ampibabo Desa Buranga yang saat ini membuat masyarakat menjadi khawatir terhadap dampak lingkungan dan lain sebagainya.

“Maka kami DPRD Parimo secepatnya untuk membentuk Pansus PETI, sebab aktivitas pertambangan di Parigi Moutong, perlu adanya penataan sesuai yang diatur dalam UU, agar tidak menjadi keluhan masyarakat terhadap dampak lingkungan yang dihasilkan,” tuturnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas