Home Ekonomi

Cek Legalitas Produk Melalui WA Resmi OJK

10
Gamal Abdul Kahar. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Ada banyak situs atau aplikasi pinjaman online yang saat ini beredar di masyarakat. Namun, untuk melakukan pengecekan legalitas produk maupun layanan jasa keuangan disarankan agar melalui WhatsApp (WA) resmi dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar menghimbau kepada masyarakat lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih situs atau aplikasi pinjaman online. Pihaknya juga menyarankan terkait dengan produk yang direkomendasikan untuk dipilih jika membutuhkan pinjaman dana dalam waktu yang cepat.

“Meskipun sudah banyak fintech yang menawarkan solusi untuk masalah keuangan atau urusan pinjam meminjam modal. Tapi jangan terlalu terburu-buru memilih karena harus dipastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar di kami,” kata, Senin (22/2/2021).

Jika bingung mendapat tawaran produk atau investasi di sektor jasa keuangan, ia menyebutkan nasabah maupun konsumen langsung saja cek ke layanan whatsapp resmi Kontak OJK di nomor 081 157 157 157. Terkait hal ini, lanjut Gamal. OJK juga membeberkan tips menggunakan pinjaman online.

“Hati-hati dengan adanya modus kejahatan pinjaman online ilegal yang bisa merugikan Anda. Agar tidak salah pilih, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) punya cara untuk mengenali ciri-ciri pinjaman online ilegal yang bisa dilihat di instagram @ojkindonesia,” sebutnya.

Di mana masyarakat atau calon konsumen dimintai untuk menggunakan fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK. Kemudian jika ingin meminjam, pinjamlah sesuai kebutuhan dan kemampuan. Pahami perjanjian cicilan, waktu pembayaran, bunga, denda, dan risikonya.

“Pastikan penawaran produk investasi tersebut LEGAL alias memiliki izin dari lembaga yang berwenang dan LOGIS atau memiliki keuntungan yang masuk akal,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas