Home Ekonomi

BI Terus Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM

Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah Muh Abdul Majid Ikram (tengah) menyaksikan penyerahan sertifikasi halal Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. BI Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Bank Indonesia berkomitmen terus mendorong pentingnya sertifikasi halal produk UMKM. Hal itu untuk meningkatkan jaminan keamanan dan perizinan produk UMKM sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta mendorong produk UMKM untuk dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Muh Abdul Majid Ikram mengatakan, upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia tersebut dilakukan melalui pendampingan langsung terhadap UMKM binaan, menyelenggarakan berbagai sosialisasi secara online, serta penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

“Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merk dagang “TARIS” menjadi salah satu kisah sukses Bank Indonesia dalam mendorong sertifikasi halal bagi UMKM di Sulawesi Tengah,” kata Majid Ikram.

Pada Agustus tahun 2020, TARIS resmi mendapatkan sertifikasi halal. AMDK TARIS merupakan produksi unit usaha Pondok Pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi yang telah menjadi binaan Bank Indonesia sejak tahun 2018. Sertifikat halal telah membantu Taris dalam memasarkan produknya dan memperkuat keyakinan pelanggan.

Baik UMKM ataupun pengusaha besar diharapkan dapat segera mendaftarkan produknya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk dapat melakukan sertifikasi halal. Sehingga kedepannya berkah dari sertifikat halal ini dapat lebih luas dirasakan oleh produsen maupun konsumen di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah. Untuk itu dalam waktu dekat BI kembali akan melaksanakan pelatihan kelembagaan dan sertifikasi halal untuk UMKM di Sulawesi Tengah. (*/ptr)

Ayo tulis komentar cerdas