Home Olahraga

Komunitas Sepeda GOBAR Palu, Rasakan Manfaat Bersepeda Bersama

17
Komunitas sepeda, Gobar Palu. (Foto: Ist/ Gobar Palu)

Palu, Metrosulawesi.id Sepeda mendadak menjadi tren dan banyak digandrungi masyarakat setelah wabah pandemi Covid-19 melanda.

Bahkan kini semakin banyak komunitas Gowes terbentuk. Aktivitas bersepeda yang dilakukan oleh sekelompok pesepeda sudah ramai terlihat di berbagai lokasi, baik di jalanan maupun tempat-tempat rekreasi/wisata yang ada di Lembah Palu, Sulawesi Tengah.

Tentunya aktivitas bersepeda dipercaya bisa membuat tubuh lebih fit, sehat, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit bahkan virus.

Bagi para pekerja, aktivitas bersepeda juga membantu meningkatkan produktivitas bekerja saat di kantor.

Munawir Usman, Amiruddin Hanafie, Noer Hamzah dan Heman Labalado, anggota komunitas sepeda Gowes Bareng (Gobar) Palu, mengatakan bersepeda sudah menjadi aktivitas yang selalu  dilakukan diakhir pekan.

Gobar Palu. (Foto: Ist/ Gobar Palu)

Mereka  pun mengakui manfaat bergabung dengan komunitas sepeda begitu menyenangkan. Komunitas kecil yang menggabungkan para pecinta olahraga sepeda pada suatu daerah ini tidak hanya memfasilitasi para anggotanya untuk melakukan kegiatan olahraga secara bersama-sama, namun juga berbagai kegiatan lainnya dengan satu misi serta tujuan yang sama.

“Awalnya saya bersepeda sendiri, namun lama-lama banyak dari rekan-rekan di komunitas warkop  yang memiliki sepeda untuk bersepada bersama, dari beberapa orang  terus bertambah, ujar Munawir yang diiyakan Herman dan Amiruddin Hanafi.

Perkumpulan sepeda ini, biasanya selalu melakukan kegiatan olahraga bersepeda secara bersama-sama setiap akhir pekan, baik dengan tujuan mengelilingi kota ataupun mengunjungi tempat-tempat rekreasi yang ada di Kota Palu maupun di luar Kota Palu.

Bahkan tak jarang perkumpulan para penggemar olahraga sepeda ini, melakukan berbagai kegiatan lain secara bersama-sama dengan komuntas sepeda lainnya, seperti yang baru-baru ini dilakukan yakni bersepeda di lokasi areal bendungan misterius di Desa Balane, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Minggu 21 Pebruari 2021.

“Saya merasakan manfaat dari bersepeda ini sangat banyak, selain untuk kesehatan, juga sosialisasi kita antar komunitas sepeda juga semakin baik,” ujar Etha salah satu komunitas sepeda Jou Tube Palu.

Komunitas sepeda Jou Tube. (Foto: Ist/ abdy.jou tube)

Bagi para penggemar olahraga sepeda yang memang belum tergabung dalam sebuah komunitas sepeda yang ada didaerahnya, akan lebih disarankan untuk segera tergabung dan memetik berbagai manfaat dalam perkumpulan tersebut.

Menurut Munawir yang juga berprofesi dokter,  beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika tergabung dalam komunitas sepeda, diantaranya;

Berolahraga bersepeda secara berkelompok akan lebih menjamin keamanan dalam berolahraga.  Bisa bertukar informasi terkait dengan olahraga sepeda, baik mulai teknik ataupun dasar yang benar dalam melakukan olahraga, sehingga akan lebih menambah wawasan yang dimiliki.

Selain itu, dengan berepeda bersama-sama, menambah teman dan relasi, karena banyaknya anggota yang terlibat dalam komunitas tersebut, sehingga jaringan yang mungkin ditemukan pun semakin luas.

Lain lagi pendapat Herman dan Amirundin Hanafi, bersepeda bisa memicu untuk bisa bangun lebih pagi, dan tidak tergesa-gesa melakukan aktivitas. Apalagi dengan bersepeda akan membantu mengurangi polusi udara, ya setidaknya tidak menambahnya.

Gobar Palu. (Foto: Ist/ Gobar Palu)

Yang akan lebih menguntungkan ketika bergabung, ulas Noer Hamzah,  dalam sebuah komunitas baik dalam hal sepeda ataupun komunitas lainnya, akan dimungkinkan untuk dapat melakukan jual beli ataupun penukaran berbagai barang terkait dengan sepeda ataupun barang lainnya dalam komunitas tersebut.

‘’Manfaatkanlah dan galilah ilmu dalam bersepeda pada komunitas tersebut, agar nantinya Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda dengan baik, mudah dan lancar,’’ urai Hamzah sapaan Noer Hamzah yang diamini Herman.

Namun demikian, anggota Gober Palu, tetap sepakat dalam bersepeda tetap gunakan perlengkapan keamanan dalam bersepeda, agar nantinya Anda tetap dapat menjalankan olahraga bersepeda tanpa adanya kendala yang membahayakan diri.

Disamping itu, Gonber Palu juga mengajak  masyarakat untuk melawan Covid-19 dengan terus bergerak. Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Bersepeda bisa meningkatkan imun tubuh, dan merupakan olahraga individu. Sekalipun rombongan, pasti berjarak. Dan yang pasti menciptakan kebahagiaan,” tutup Herman. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas