Home Sigi

Bantuan Rehab dan Bangun Rumah Sasar 12 Desa di Sigi

25
Hidayat. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sebanyak 208 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Sigi  yang berada di 12 desa di dua kecamatan yakni Palolo dan Marawola menerima bantuan rumah baik rehab maupun bangun baru.

Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Pembangunan Kawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Sigi Hidayat kepada Metro Sulawesi belum lama ini.

Kata Hidayat, 12 desa penerima bantuan tersebut dua desa di Kecamatan Palolo yakni Desa Lembantongoa, Tongoa dan sepuluh desa di Kecamatan Marawola yakni Desa Lebanu, Bomba, Beka, Sibedi, Padende, Binangga, Sunju, Tinggeda, Baliase dan Desa Tinggede Selatan.

“Untuk bantuan rehab rumah diberikan kepada Desa Lembantongoa 63 rumah dan Desa Tongoa 43 rumah, sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021, dengan anggaran 20 juta per satu rumah,” jelas Hidayat.

Bantuan rehab rumah yang berasal dari DAK, kata Hidayat alokasi anggarannya yakni Rp17,5 juta untuk bahan bangunan, sementara Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Kemudian lanjut Hidayat, untuk Desa Lebanu 7 rumah, Bomba 8 rumah, Beka 22 rumah, Sibedi 7 rumah, Padende 10 rumah, Binangga 8 rumah, Sunju 7 rumah, Tinggede 13 rumah, Baliase 8 rumah, dan Desa Tinggede Selatan 10 rumah. Adapun sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021, dengan anggaran 35 juta per satu rumah.

“Untuk bantuan rumah yang dananya berasal dari DAK, pembangunannya dilakukan oleh kelompok masyarakat. Sementara untuk bantuan yang berasal dari APBD, pembangunannya dilakukan oleh TNI melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD),” ujarnya.

“Pembangunannya dilaksanakan pada bulan Maret,” tambah Hidayat.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas