Home Palu

Sejumlah Kesepakatan Soal Pengamanan Dilahirkan

FOTO BERSAMA - Ketua PTA Palu, Dr. H. Syahril bersama Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso, saling tukar plakat dinas sebagai cenderamata silaturahim dan koordinasi antara lembaga negara, di kantor Kapolda Sulteng, Kamis, 18 Februari 2021. (Foto: Istimewa)
  • Kunjungan Ketua PTA Palu ke Kapolda Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu (Ketua PTA Palu) Dr. H. Syahril SH MH, melakukan kunjungan ke Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs Abdul Rakhman Baso SH, Kamis, 18 Februari 2021. Kunjungan itu dalam rangka silaturahim sekaligus berdiskusi soal keamanan di  Sulteng.

Ini adalah kunjungan rutin Ketua PTA Palu pascapelantikannya yang dilakukan Ketua Mahkamah Agung RI pada 13 Januari  2021. 

“Sulawesi Tengah adalah surga, tempat yang aman, dan nyaman, baik bagi penduduknya, maupun untuk para pendatang yang mengunjungi  Sulteng,” kata Kapolda Abdul Rakhman saat menerima kunjungan Ketua PTA Palu, di ruang kerjanya, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Rakhman, Sulteng itu memiliki 13 kabupaten/kota. Ada pun kabupaten yang pernah  bergejolak hanya satu, dan jumlah kecamatan yang terdampak hanya  4 kecamatan dari seluruh kecamatan pada kabupaten tersebut.

“Tidak layak jika  komposisi daerah yang rawan hanya sedikit kemudian menjadi acuan umum kondisi kamtibmas pada daerah tersebut. Olehnya itu saya memberikan jaminan, bahwa Sulteng secara umum dan Poso secara khusus adalah daerah yang aman dan  nyaman serta merupakan surga yang ada di Indonesia,” ujarnya. 

Rakhman mengaku, sering menyampaikan kondisi Sulteng di beberapa pertemuan, dengan tujuan agar investor merasa aman dan nyaman untuk berinvestasi di Sulteng. Selain itu juga agar para petugas Kepolisian yang akan ditugaskan di Sulteng tidak merasa khawatir dengan keamanan wilayah yang menjadi tanggungjawabnya sejak dilantik  sebagai Kapolda Sulteng pada 6 bulan yang lalu.

Dalam kunjungan itu Ketua PTA Palu dan Kapolda Sulteng sepakat untuk menjalin kerjasama antara kedua lembaga, yakni optimalisasi pengamanan sidang pada seluruh pengadilan agama oleh jajaran Polres setempat, pengamanan eksekusi, serta koordinasi administrasi terkait perkara perceraian oleh anggota Polri dalam jajaran Polda Sulteng, baik dalam posisi anggota Polri sebagai Pemohon maupun sebagai Tergugat. 

Hal ini berkaitan dengan prosedur yang harus ditempuh oleh setiap anggota Polri yang akan melakukan proses perkara pada Peradilan Agama, agar ada upaya mediasi yang mungkin dapat dilakukan sebelum proses persidangan berlanjut.

Dalam kunjungan kali ini, Ketua PTA Palu didampingi oleh Sekretaris PTA Palu, Sutarno SH, Kabag Umum PTA Palu, Agus Sukamto S.Ag, serta Panitera Pengganti yang juga Tim Media PTA Palu, Moh Rizal. Sedangkan Kapolda Sulteng didampingi oleh Karo SDM Kombes Pol Mahadi, Kabid Hukum, Kombes Pol Mugi, serta Kabid Propam, Kombes Pol Rizkian. Di akhir pertemuan, Ketua PTA Palu dan Kapolda Sulteng saling tukar plakat dinas sebagai cinderamata silaturahim dan koordinasi antara lembaga negara yang ada di Sulawesi Tengah itu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas