Home Palu

Ratusan Proposal Penelitian Diajukan ke LPPM

9
PEMAPARAN - Ketua LPPM Untad, Dr Muh Rusydi H (kiri), menyampaikan pemaparan saat saat sosialisasi dan penyamaan persepsi penelitian dan pengabdian DIPA Tingkat Fakultas, Pascasarjana, Universitas serta SDKU, berlangsung pada 15 hingga 17 Februari 2021. (Foto: Humas Untad)
  • Reviewer Ikut Sosialisasi dan Penyamaan Persepsi

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 933 proposal penelitian dalam sejumlah bidang di lingkungan Universitas Tadulako telah diajukan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untad. Hal ini diungkapkan Ketua LPPM Untad, Dr Muh Rusydi H, M.Si, saat sosialisasi dan penyamaan persepsi penelitian dan pengabdian DIPA Tingkat Fakultas, Pascasarjana, Universitas serta SDKU. Kegiatan tersebut diikuti para reviewer proposal penelitian yang berjumlah 31 orang, berlangsung di Hotel Bestwestern Palu, 15 hingga 17 Februari 2021.

“Sebelumnya 584 proposal, sekarang naik menjadi 933 proposal penelitian,” ungkap Rusydi.

Ketua LPPM mengharapkan adanya peningkatan yang signifikan penelitian ke depan dapat termanfaatkan secara maksimal untuk pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilakukan oleh pemerintah Donggala. Pemkab Donggala disebut telah menggunakan hasil penelitian terkait e-government Untad.

“Kita harapkan akan semakin banyak penelitian yang digunakan untuk memudahkan banyak pihak termasuk pemerintah,” ucapnya.

Rusydi mengatakan kepada para reviewer telah disosialisasikan aplikasi Sipenaemas (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Penyamaan persepsi juga telah dilakukan bagi para reviewer yang telah tersertifikat untuk mengawal dan mereview proposal di Untad.

“Kami memahami bahwa untuk menilai suatu proposal, setiap reviewer memiliki pendapat dan penilaian masing-masing sehingga sangat perlu melakukan penyamaan persepsi. Acara ini kami lakukan setiap tahun dan untuk tahun ini satu proposal akan dinilai oleh dua atau tiga reviewer,” ujar Rusydi.

Dia membeberkan LPPM telah ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan terkait pengelolaan penelitian mulai dari administrasi, monev, dan lainnya sejak tahun lalu. Sebelumnya hal tersebut dilakukan di fakultas masing-masing.

“Tahun lalu juga dari segi reviewernya masih dilakukan secara manual. Tahun ini kami telah meningkatkan lagi performa-nya dengan memasukan proses reviewnya dalam sistem informasi yang telah kami buat yakni Sipenaemas yang dapat diakses di website kami,” tandas Rusydi.

Sosialisasi dan penyamaan persepsi dibuka oleh Dr Muhammad Nur Ali M.Si, selaku Wakil Rektor Untad Bidang Umum dan Keuangan. Pelaksanaan kegiatan mempedomani pencegahan Covid-19.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas