Home Sigi

Pandemi Covid-19, DKPP Sigi Perkuat Penyediaan Pangan

8
Rahmad Iqbal. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Sigi perkuat sejumlah program di masa pandemi Covid-19. Salah satunya penyedian pangan pemerintah yang sifatnya mutlak.

“Penyedian pangan pemerintah ini mutlak yang merupakan perintah undang-undang Kementerian Pertanian,” ungkap Kepala DKPP Sigi, Rahmad Iqbal kepada Metro Sulawesi di Sigi, Selasa, 16 Februari 2021.

Dijelaskannya, cadangan pangan pemerintah dikhususkan dan disediakan oleh pemerintah daerah dalam rangka untuk menghadapi sesuatu terkait kebencanaan serta untuk melakukan intervensi terhadap masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

“Bantuan-bantuan pangan ini, di tahun 2021 masih akan kita laksanakan, berupa bantuan dalam bentuk beras kepada masyarakat kita yang terdampak,” jelasnya.

Terkait cadangan pangan masyarakat, kata Iqbal, di tingkat desa suka tidak suka pemerintah desa juga harus menyiapkan cadangan pangan masyarakat. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kadis PMD. Kita berharap juga lewat dana desa cadangan pangan masyarakat ini bisa disediakan di setiap desa. Ini untuk mendukung agar ketika terjadi kekurangan pangan di desa, ada cadangan pangan yang tersedia,” jelasnya.

“Kita juga sudah membuat regulasinya. Dan bupati sudah menandatangani surat edaran kepada camat dan kepala desa untuk menganggarkan hal-hal seperti itu melalui dana desa,” tambahnya.

Selain itu, DKPP juga mendorong program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Dimana tujuannya adalah kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan ini untuk memastikan ketahanan pangan keluarga. Jadi setiap keluarga dari anggota diharapkan mampu memanfaatkan lahan pekarangannya dengan tanaman-tanaman produktif.

“Setiap rumah tangga mampu menyiapkan kebutuhan pangannya secara mandiri dengan memanfaatkan pekarangannya. Seperti menanam sayuran, tomat, cabai. Serta memelihara ternak unggas maupun ikan. Istilahnya mendekatkan pasar dengan dapur,” ujarnya.

“Pemerintah dapat membantu dalam penyediaan bibitnya, baik bibit tanaman sayuran maupun ikan, tentunya secara berkelompok dengan pengajuan permohonannya,” ungkapnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas