Home Ekonomi

Industri Otomotif Dukung Relaksasi PPnBM

8
Sales Manager Suzuki PT Patraco Motor Abadi Palu, Muhammad Wahyudianto saat berpose memperlihatkan produk dari Suzuki All New Carry Pick Up. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Industri bisnis otomotif khususnya diler mobil mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah terkait dengan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Seperti yang diutarakan oleh Sales Manager Suzuki PT Patraco Motor Abadi Palu, Muhammad Wahyudianto. Menurutnya, program tersebut dinilai sangat membantu 75% produk rakitan dalam negeri untuk mendorong kembali peningkatan penjualan.

“Inikan hanya berlaku untuk kendaraan yang bukan impor, kalau di kami sendiri itu ada tipe Suzuki Ertiga dan XL7. Tentunya harapan dari pemerintah seperti itu menggeliatkan pasar otomotif dengan pemberian salah satunya adalah potongan pajak,” ujarnya belum lama ini.

Secara nasional, kata Wahyu, tepatnya beberapa bulan ke depan di masa pandemi covid 19 bisa sedikit menunjukkan angka positif sektor otomotif. Namun, ia mengatakan bahwa kemungkinan bisa menaikkan penjualan produk Suzuki.

“Tapi efeknya positif ke bisnis penjualan otomotif cukup panjang dan bisa saja pengaruh baik ke downpayment (DP) serta diskon hingga brand. Kalau hitungan presentasi kami belum dapat pastikan berapa jumlahnya karena ini program kebijakan yang baru dari pemerintah,” sebut Wahyu.

Berbeda pula yang disampaikan Supervisior PT Hadji Kalla Toyota Cabang Martadinata Palu, Muhamad Asri. Ia mengatakan pihaknya tetap mengacu pada manejemen kantor pusat di Makassar terkait dengan relaksasi pajak tersebut.

“Dan itu masih sabatas isu kita terima informasinya, belum ada tanggapan secara resmi dari head office kita mengenai hal itu. Kalau penjualan yang pasti akan bergairah dari segi pembelian kendaraan,” ucap Asri.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas