Home Politik

KPU Sigi Segera Tetapkan Irwan-Samuel

17
PIDATO KEMENANGAN - Mohamad Irwan-Samuel Y Pongi didampingi tim partai koalisi saat pidato kemenangan Pilkada Sigi 2020, Jumat (11/12/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi segera menetapkan Mohammad Irwan dan Samuel Yanse Pongi sebagai bupati dan wakil bupati Sigi terpilih pada Pilkada 2020. Penetapan oleh KPU Sigi akan dilakukan menyusul ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan pada sidang pleno, Senin 15 Februari 2021.

Ketetapan dibacakan pada Sidang Pleno MK yang selesai pada pukul 17.16 Wita, oleh Hakim Konstitusi Anwar Usman selaku Ketua merangkap anggota.

Dijelaskan hakim, pada pemeriksaan pendahuluan 28 Januari 2021 yang dihadiri oleh kuasa hukum pemohon menyampaikan penarikan kembali perkara yang dimohonkan. Tidak hanya lisan, pemohon menyampaikan surat permohonan penarikan kembali perkara tersebut.

“Bahwa terhadap penarikan kembali permohonan pemohon tersebut, Pasal 20 ayat (1) PMK 6/2020 menyatakan ‘Pemohon dapat mengajukan penarikan kembali permohonan secara tertulis paling lama sebelum perkara diputus oleh Mahkamah’ dan Pasal 20 ayat (2) PMK 6/2020 menyatakan ‘Permohonan yang ditarik oleh pemohon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dapat diajukan kembali’,” ucap Anwar Usman yang dipantau Metrosulawesi melalui siaran langsung di akun resmi Youtube.

Selanjutnya, MK menetapkan lima poin. Pertama, mengabulkan permohonan penarikan kembali permohonan pemohon. Kedua, permohonan Nomor 112/PHP.BUP-XIX/2021 perihal Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Bupati Kabupaten Sigi Tahun 2020, ditarik kembali.

Ketiga, menyatakan permohonan Nomor 112/PHP.BUP-XIX/2021 mengenai permohonan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Bupati Kabupaten Sigi Tahun 2020 ditarik kembali.

Keempat, menyatakan pemohon tidak dapat mengajukan kembali permohonan a quo. Kelima, memerintahkan Panitera Mahkamah Konstitusi untuk mencatat perihal penarikan kembali permohonan Nomor 112/PHP.BUP-XIX/2021 dalam Buku Register Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK).

Diketahui, PHP Pilkada Sigi 2020 diajukan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati Husen Habibu dan Paulina yang memberikan surat kuasa khusus kepada Moh. Ridwan, SH, dkk.

Pasangan nomor urut 2 itu mengajukan permohonan pembatalan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sigi tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Sigi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2020. Namun, belakangan saat pemeriksaan pendahuluan 28 Januari 2021, pemohon mengajukan permohonan penarikan kembali perkara.

Diketahui, pasangan calon bupati/wakil bupati Mohammad Irwan-Samuel Yanse Pongi meraih suara terbanyak berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang berakhir pada Kamis 17 Desember 2020 lalu.

Terpisah, Anggota KPU Sulawesi Tengah, Sahran Raden mengatakan, terhadap putusan atau ketetapan MK PHK Pilkada Sigi yang dibacakan Senin 15 Februari 2021, maka selanjutnya KPU Sigi akan melaksanakan penetapan bupati wakil bupati terpilih.

“KPU Kabupaten Sigi segera menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi terpilih paling lama lima hari setalah putusan dismissal/ ketetapan Mahkamah Konstitusi diterima oleh KPU,” kata Sahran Raden dikonfirmasi, Senin 15 Februari 2021.

Hal itu, kata dia sebagaimana dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Diketahui, selain Husen Habibu dan Paulina (Sigi), pasangan calon yang mengajukan PHP Pilkada 2020 ke MK dari Sulawesi Tengah yakni paslon nomor urut 3 di Pilkada Banggai (Ir. H. Herwin Yatim, M.M. dan H. Mustar Labolo); paslon nomor urut 2 di Pilkada Tolitoli (Muchtar Deluma, S.H.,M.M. dan Bakri Idrus). Paslon nomor urut 3 di Pilkada Kota Palu (Drs. Hidayat, M.Si. dan Hj. Habsa Yanti Ponulele, S.T., M.Si.). Selanjutnya Darmin Agustinus Sigilipu dan Amdjad Lawasa, paslon nomor urut 2 di Pilkada Poso.

Sidang putusan/ketetapan untuk Banggai dan Tolitoli dijadwalkan Selasa 16 Februari 2021. Selanjutnya Poso dan Palu dijadwalkan Rabu 17 Februari 2021.

Adapun PHP Pilkada Morowali Utara dan Tojo Unauna belum diketahui jadwal persidangan lanjutannya. Perkara PHP Bupati Tojo Una-Una diajukan oleh Rendy M. Afandy Lamadjido dan Hasan Lasiata (Pasangan Calon Nomor Urut 2). Sedangkan PHP Pilkada Tojo Unauna dimohonkan oleh paslon nomor urut 2 di Tojo Una-Una yakni Rendy M. Afandy Lamadjido dan Drs. Hasan Lasiata, M.M.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas